in

Peluang Bisnis Restoran di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Restoran di Tengah Pandemi Covid-19
Pelayan restoran (C) SHUTTERSTOCK

Bisnis restoran merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemi virus corona (covid-19). Lalu, bagaimana peluang para pebisnis restoran untuk bertahan?

Sejak pandemi covid-19 terjadi di Indonesia, sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebarannya, Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan status tanggap darurut. Langkah berikutnya, social distancing atau physical distancing mulai digalakkan. Situasi ini memaksa orang-orang untuk di rumah saja. Mereka harus melakukan segala aktivitas, termasuk bekerja dan bersekolah di rumah. Berbagai tempat yang bisa menjadi tempat berkerumunnya orang seperti pusat perbelanjaan (mall) juga diimbau tidak beroperasi. Aktivitas berkumpul-kumpul pun dilarang untuk digelar.

Situasi ini diakui atau tidak mambuat jalanan sepi, termasuk mall di mana biasanya di dalamnya terdapat restoran yang melayani pembeli setiap hari. Mau tak mau, dengan dilarangnya mall beroperasi atau dibatasi jam operasinya, hal ini berdampak pada omzet restoran yang menurun drastis. Ada restoran yang masih buka, dengan catatan menaati protokol pencegahan penyebaran covid-19, ada pula yang terpaksa tutup, merumahkan karyawannya, dan nekad merugi ketimbang buka pun tak ada yang mampir makan.

Baca Juga  Rahasia Sukses ala Menteri Erick Thohir (Part 1)

Kelebihan dan Risiko Bisnis Restoran

Bisnis restoran di tengah pandemi virus corona ini bisa dibilang berisiko lebih banyak ketimbang kelebihannya. Para pebisnis berisiko lebih banyak merugi ketimbang memaksakan diri tetap mengais untung.

Ada restoran yang tadinya ketika pintunya belum dibuka saja sudah ramai yang mengantre. Ada restoran yang tiap jam makan siang atau makan malam, deretan kursi dan mejanya selalu penuh. Ada restoran yang di meja pemesanannya sampai berjajar mereka yang mengantre. Ada pula restoran yang sampai kehabisan stok makanan/minuman yang dijualnya di saat belum waktunya tutup.

Pemandangan seperti di atas kini jarang, bahkan tak akan lagi terlihat. Banyak restoran yang memilih tutup, hingga batas waktu yang belum ditentukan pastinya. Ada pula yang tetap buka dengan membatasi jam operasinya sesuai anjuran pemerintah daerah. Risiko restoran yang memaksa tetap buka tentu omzetnya bakal terjun bebas.

Cara Pebisnis Restoran Tetap Bertahan Hidup

Pebisnis restoran yang memaksakan untuk tetap buka di tengah pandemi covid-19 ini tentu sudah memikirkan matang-matang segala konsekuensi yang harus ditanggungnya. Pasti sudah ada trik dan strategi yang diusungnya agar restorannya bisa tetap bertahan hidup.

Baca Juga  10 Bisnis yang Terancam Dalam Beberapa Tahun Kedepan

Ketika jam operasional dibatasi, tentu pebisnis yang peka dapat memaksimalkan jam buka yang ada. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan program promo untuk menarik pembali. Misalnya, beli makanan/minuman tertentu dengan total pembelian tertentu bakal mendapatkan gratis item menu tertentu. Bisa juga dengan promo potongan harga sekian persen, karena umumnya orang suka dengan diskon.

Pebisnis restoran bisa juga menggalakkan program drive true, layaknya restoran cepat saji yang menjual ayam goreng dan burger. Taktik ini bisa diterapkan untuk memaksimalkan pemasukan, sekaligus tetap mematuhi standar physical distancing di tengah pandemi covid-19.

Selain itu, layanan pesan antar ke rumah konsumen juga bisa dilakukan oleh pebisnis restoran. Tinggal membuka hotline untuk para calon pembeli memesan menu yang diinginkan, lalu ada karyawan yang siap mengantarkan sesuai alamat yang dituju. Cara ini juga bisa dimaksimalkan dengan keberadaan aplikasi ojek online yang juga melayani pembelian makanan.

Dengan promo itu, tentu pebisnis bisa dibilang merugi. Namun, setidaknya tidak akan lebih merugi ketimbang dagangannya tidak laku sama sekali. Tentu, di sini dibutuhkan pengorbanan oleh para pebisnis restoran. Semoga badai ini lekas berlalu.

Baca Juga  Alexander Shulman CEO Dari Spotware Berbicara Mengenai Planing Perusahaannya
Saham pilihan menopang IHSG

4 Investasi Untuk Pegawai Gaji UMR

Peluang Usaha Jual Buah-buahan di Tengah Pendemi Covid-19

Peluang Usaha Jual Buah-buahan di Tengah Pendemi Covid-19