in

Peluang Usaha Jual Buah-buahan di Tengah Pendemi Covid-19

Peluang Usaha Jual Buah-buahan di Tengah Pendemi Covid-19
Penjual buah-buahan (C) SHUTTERSTOCK

Menarik melihat peluang usaha jual buah-buahan di tengah pandemi covid-19 (virus corona). Mampukah para pengusaha yang menjual buah-buahan ini bertahan di tengah wabah ini?

Pandemi yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia ini diakui atau tidak sudah menyerang segala sektor ekonomi. Tak terkecuali para pengusaha buah-buahan. Para pengusaha dihantui rasa was-was akan merugi lantaran efek domino yang ditimbulkan wabah tersebut.

Imbauan untuk melakukan social distancing atau physical distancing oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona jelas berdampak besar. Pasar, tempat para pedagang buah-buahan berjualan menjadi sepi, lantaran orang-orang banyak yang memilih di rumah saja, sesuai yang dianjurkan. Situasi demikian membuat omzet para pedagang pasar pun terjun bebas, tak terkecuali mereka yang menjual buah-buahan.

Kelebihan dan Risiko Usaha Jual Buah-buahan

Kebanyakan orang tertarik untuk menekuni usaha jual buah-buahan karena buah merupakan kebutuhan umum manusia selain nasi sebagai makanan pokok. Situasi ini membuat buah sebagai komoditas dagang yang cepat laku. Ini menjadi salah satu kelebihan yang bisa dimaksimalkan oleh para penjual buah-buahan.

Baca Juga  Bansos Belum Beres, Jokowi Geram

Buah adalah salah satu pelengkap makanan 4 sehat 5 sempurna. Tentunya banyak vitamin yang terkandang di dalamnya. Mereka yang sadar akan kesehatannya tentu mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya. Merekalah yang menjadi segmen pasar dari pedagang buah-buahan. Tanpa dicari pun, mereka biasanya akan datang dengan sendirinya ke toko buah Anda.

Sebagaimana jenis usaha lainnya, usaha jual buah-buahan ini juga punya risiko. Yang utama adalah ketahanan buah yang dijual. Tak ada buah yang bisa bertahan lama, kecuali jika diberi pengawet agar tak cepat busuk. Karenanya, pedagang buah tak bisa nyetok banyak. Buah yang dijual harus cepat laku, dan berganti stok anyar, paling tidak selama seminggu sekali.

Cara Penjual Buah-buahan Bertahan

Orang-orang yang sadar akan kesehatannya di tengah pandemi covid-19 bisa jadi meningkat. Tentunya, peluang inilah yang harus dilirik oleh para pengusaha buah-buahan untuk bisa bertahan di tengah pandemi covid-19.

Buah-buahan yang dijual bisa dipromosikan lewat media sosial dengan memaksimalkan luasnya jangkauan internet. Mereka yang berminat bisa bernegosiasi melalui telepon atau chat, lalu buah-buahan yang dipesan bisa diantar ke alamat tujuan jika ada kesepakatan harga.

Baca Juga  Peluang Bisnis Pulsa dan Paket Internet di Tengah Pandemi Covid-19

Meski yang bisa dijangkau adalah para konsumen dalam kota, tapi lumayan ketika ada pelanggan baru. Kalau kualitas buah-buahan yang dijual dan pelayanan memuaskan, tentu reputasi si pedagang buah akan tersebar dari mulut ke mulut. Bisa jadi pelanggan baru akan datang karena efek mulut ke mulut ini nantinya.

Para pedagang buah-buahan saat ini sebaiknya tidak menimbun barang dagangan dalam jumlah banyak. Disarankan lebih baik miliki stok buah seadanya, misal memprioritaskan buah-buahan yang lebih sering laku dan dicari orang saat ini.

Peluang Bisnis Restoran di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Restoran di Tengah Pandemi Covid-19

persiapan investasi pensiun

5 Investasi Jangka Panjang Untuk Persiapan Pensiun