in

Peluang Bisnis Mobil di Tengah Pendemi Covid-19

Peluang Bisnis Mobil di Tengah Pendemi Covid-19
SPG Mobil (C) SHUTTERSTOCK

Banyak yang bertanya mengenai peluang bisnis mobil di tengah pandemi covid-19 (virus corona). Wajar, karena para pebisnis ini dilanda kegalauan menghadapi segala risiko di depan mata. Lalu, bagaimana peluangnya?

Awalnya, banyak orang tertarik menggeluti bisnis ini karena mobil merupakan kebutuhan yang diburu masyarakat. Kendaraan saat ini menjadi kebutuhan yang cukup mendesak sebagai sarana transportasi untuk bepergian ke manapun. Di dunia yang semakin dinamis ini, gerak orang harus semakin mobile. Untuk memenuhi tuntutan ini, mobil bisa menjadi solusi.

Karenanya, bisnis ini cukup menjanjikan sebenarnya. Sebab, hampir semua orang membutuhkan mobil. Mereka yang punya cukup uang, akan membelinya secara tunai. Sementara, mereka yang uangnya belum cukup, pasti akan membeli secara kredit.

Kelebihan dan Risiko Bisnis Mobil

Setiap bisnis pasti ada kelebihan dan risikonya masing-masing, begitu pula bisnis mobil. Para pebisnis perlu mengetahuinya, terlebih di tengah pandemi covid-19 (virus corona).

Salah satu kelebihan bisnis mobil ini adalah segmen pasarnya yang sudah mulai general. Kini tak hanya orang kaya saja yang membutuhkan mobil. Demi gengsi, saat ini ada keliompok masyarakat kelas dua yang ‘ngeyel’ ingin membeli mobil. Solusinya tentu dengan cara kredit. Pebisnis mobil yang peka tentu tak cuma menawarkan mobil yang bisa dibeli dengan cara tunai, melainkan juga dengan cara mengangsur.

Baca Juga  Emas Antam Merosot Rp10.000/gram, Mengapa?

Selain personal, kini kebutuhan mobil dinas dari perkantoran atau lembaga negeri dan swasta cukup besar. Ini menjadi peluang juga bagi para pebisnis untuk mengembangkan pemasaran produk dagangannya. Segmen pasar yang kian beragam ini tentu harus dimaksimalkan oleh para pebisnis mobil.

Ada sejumlah risiko yang harus dihadapi para pebisnis mobil. Salah satuny tentu ancaman bencana alam seperti kebakaran, banjir, gempa bumi, dan lain-lain. Untuk mengantisipasi kemungkinan mobil yang dijual rusak atau hancur karena bencana alam, tentu harus diasuransikan.

Pencurian juga termasuk ancaman risiko yang harus dihadapi jika menggeluti bisnis ini. Tentunya, para pebisnis juga harus memikirkan mengenai keamanan tempat atau lokasi membuka usahanya. Solusi soal pengamanan ini, pebisnis mobil bisa menyewa petugas keamanan khusus untuk menjaganya, terutama ketika malam hari.

Cara Pebisnis Mobil Bertahan

Diakui atau tidak, pandemi covid-19 ini menyerang segala sektor ekonomi, tak terkecuali bidang bisnis mobil. Lalu, bagaimanakah cara pebisnis di bidang ini bisa selamat?

Wabah virus corona ini membuat daya beli konsumen menurun, tak terkecuali daya beli mobil. Baik pembelian secara tunai maupun kredit terbukti mengalami penurunan, mengingat masyarakat yang ingin membeli mobil saat ini lebih mengalokasikan uangnya untuk bertahan hidup hingga wabah ini berlalu. Ketimbang dipakai membeli mobil, mereka berpikir untuk membelanjakan uangnya untuk membeli kebutuhan pokok atau penunjang kesehatan.

Baca Juga  5 Bisnis Menarik di Era Cashless

Jangan panik! Pebisnis mobil bisa melakukan sejumlah trik agar barang dagangannya tetap laku. Pertama, tentu dengan menggalakkan promosi, bisa melalui barisan ujung tombak, yakni para salles marketing. Mereka bisa diinstruksikan untuk melakukan promosi ke daerah-daerah, tentunya dengan tidak melupakan protokol pencegahan penularan covid-19, seperti mengenakan masker dan menggunakan hand sanitizer.

Menjual secara kredit sepertinya menjadi pilihan terbaik mengingat menurunnya kemampuan masyarakat dalam membeli barang mewah seperti mobil. Siapkan skema kredit terbaik, yang tidak membuat Anda merugi, dan tetap tak memberatkan konsumen.

Promosi melalui media sosial juga bisa digalakkan sebagai solusi lain. Tawarkan mobil dagangan Anda dengan memaksimalkan jauhnya jangkauan internet. Untuk bernegosiasi, terutama untuk pembelian secara kredit, tetap harus bertatap muka secara langsung untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Selamat mencoba!

Kesalahan memilih investasi

5 Kesalahan Dalam Membuat Pilihan di Investasi

Peluang Usaha Rental Mobil di Tengah Pendemi Covid-19

Peluang Usaha Rental Mobil di Tengah Pendemi Covid-19