in

5 Tips Keuangan Ala Pebisnis Amerika

5 Tips Keuangan Ala Pebisnis Amerika
Photo by You X Ventures on Unsplash

Semakin bagus manajemen keuangan anda, kemungkinana bisnis anda semakin sukases juga semakin besar. Setiap orang pasti memiliki cara mengatur keuangannya sendiri, akan tetapi tips dari pebisnis Amerika ini bisa dijadikan bacaan untuk menambah wawasan anda. Berikut adalah 5 tips keuangan ala pebisnis Amerika yang dilansir dari koinworks.

5 Tips Keuangan Ala Pebisnis Amerika

  1. Pengaturan Budget yang Efisien. Menyusun budget memang sulit dilakukat, terutama untuk pebisnis yang masih baru berkecimpung di dunia bisnis. Akan tetapi hal ini harus dilakukan agar mempermudah perkembangan bisinis anda di masa depan. Sebagai pebisnis anda harus mencatat aset dan liabilitas yang anda miliki. Aset adalah segala pemasukan yang anda dapatkan dan liabilitas adalah segala pengeluaran yang terjadi. Jika anda sudah terbiasa dalam menyusun budget, anda akan lebih mudah dalam memperkirakan dan menghitung keuntungan dari bisnis anda.
  2. Peninjauan Laju Keuangan Secara Berkala. Meninjau laju keuangan adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang pebisnis. Hal ini dilakuakn untuk melihat apakah ada hal yang janggal dalam bisnis anda dan menyusun strategi baru agar bisnis anda semakin baik. Selain itu, anda juga lebih mudah dalam melakukan prediksi dari hasil penjualan yang anda lakukan.
  3. Tidak Lupa Membayar Pajak. Salah satu hal yang rutin dilakukan oleh pebisnis Amerika adalah membayar pajak. Anda harus membayar pajak walaupun anda masih seorang pebisnis kecil. Jika anda rutin dalam membayar pajak, anda juga akan mendapat keuntungan tersendiri. Keuntungan tersebut adalah adanya kemudahan oleh bank tentang pemodalan bisnis. Hal ini akan membuat bisnis UMKM bisa menjadi lebih berkembang.
  4. Jangan Lupa Menggaji Diri Sendiri dari Keuntungan Bisnis. Sebisa mungkin gajilah diri anda sendiri dari keuntungan yang anda dapatkan. Hal ini dilakukan agar keuntungan yang anda dapatkan bisa digunakan untuk melebarkan sayap usaha anda. Akan tetapi, jangan dipaksa jika anda masih belum sanggup. Anda bisa lakukan ini jika bisnis anda sudah cukup besar.
  5. Mencicil Utang Sesuai Jangka Waktu. Terkadang seseorang harus membayar utang dari modal bisnis yang mungkin mereka pinjam. Hal ini harus dilakukan secara rutin agar bunga yang anda terima tidak semakin membengkak. Oleh karena itu anda harus bisa menyusun laporan keuangan agar anda lebih mudah dalam menentukan budget anda. Selain itu anda juga bisa memilih tempat meminjam dengan bunga terjangkau.
Baca Juga  Memulai Bisnis Kaos? Berikut Tips Jitunya!
Kebiasaan Buruk yang Menghambat Financial Freedom

Kebiasaan Buruk yang Menghambat Financial Freedom

6 tips cerdas dalam mengatur THR

6 Tips Cerdas Dalam Mengatur THR