in

Peluang Bisnis SPBU di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis SPBU di Tengah Pandemi Covid-19
SPBU (C) SHUTTERSTOCK

Terjadi kasus penamparan oleh pengemudi pikap kepada petugas SPBU di Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat karena tak terima setelah diperingatkan bahwa dia salah jalur pengisian BBM. Kasus yang videonya sempat viral di media sosial itu merupakan salah satu masalah yang harus dihadapi saat Anda memutuskan terjun ke dunia bisnis SPBU di tengah pandemi covid-19 (virus corona) seperti sekarang ini.

Banyak yang tertarik menjadi pebisnis SPBU karena Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum adalah lokasi yang setiap hari selalu ramai pengunjung. Setiap hari, SPBU tak pernah sepi, karena selalu saja ada orang yang ingin membeli Bahan Bakar Minyak. Tak dimungkiri, memang BBM merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat yang memiliki kendaraan untuk melakukan aktivitas kesehariannya.

Yang harus diperhatikan, bisnis SPBU ini juga dipengaruhi faktor eksternal, yakni naik-turunnya harga minyak mentah dunia. Ketika harga minyak mentah dunia murah, bisa jadi Anda bisa menyediakan pasokan BBM yang lebih banyak. Sebaliknya, ketika harganya mahal, pasokan pun sulit. Selain kebijakan pemerintah, harga minyak mentah dunia itu juga yang menjadi penentu harga jual BBM yang harus Anda terapkan.

Baca Juga  Dua Hari Moncer, Emas Comex Melemah Lagi

Kelebihan dan Risiko Bisnis SPBU

Setiap bisnis pasti punya kelebihan dan risiko masing-masing, tak terkecuali bisnis SPBU ini. Yang perlu diingat adalah bagaimana Anda sebagai pebisnis bisa memaksimalkan kelebihan dan meminimalisir risiko bisnis tersebut.

Kelebihan dari bisnis ini yang pertama Anda tak perlu capek-capek melakukan promosi dan iklan. Tanpa dipromosikan dan diiklankan pun, SPBU Anda akan didatangi pembeli yang selalu butuh BBM agar kendaraannya bisa beroperasi. Kalaupun ada iklan Pertamina di televisi, biasanya statusnya iklan layanan masyarakat, yang tujuannya untuk mensosialisasikan program atau mengumumkan kenaikan/penurunan harga BBM. Faktor tak perlu mencari segmen pasar itu juga harus didukung oleh lokasi strategis yang dimiliki SPBU Anda.

Modal untuk mengelola bisnis ini bisa saja didapat lewat jalan berhutang/kredit. Melihat perputaran uang di dalamnya yang cukup besar setiap harinya, rasanya pebisnis SPBU mampu membayar cicilan dan bunganya perbulan.

Sementara itu, risiko bisnis ini tentu saja potensi kelalaian manusia. Seperti diketahui, BBM sangat anti dengan percikan api. Tak heran jika di SPBU selalu ada peringatan Dilarang Merokok. Selain memasang papan peringatan seperti itu, pebisnis SPBU bisa juga melakukan langkah antisipasi, yang sebenarnya wajib, yakni menyediakan peralatan pemadam kebakaran mandiri.

Baca Juga  Dapatkan Umpan Balik Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis Anda!

Cara Pebisnis SPBU Bertahan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pebisnis SPBU untuk tetap bertahan di tengah pandemi covid-19. Upaya untuk tetap menjaga eksistensi bisnis ini bakal menjadi tolok ukur seberapa kuat Anda bertahan.

Diakui atau tidak, pandemi covid-19 berpengaruh pada omzet dan pemasukan harian Anda. Mungkin tadinya banyak kendaraan, baik roda dua maupun roda empat mengantre untuk mengisi BBM. Imbauan pemerintah untuk melakukan segala aktivitas di rumah saja jelas berpengaruh terhadap ketergantungan masyarakat pada SPBU. Yang tadinya tiap hari ke SPBU untuk mengisi BBM, kini jadi jarang karena memang kendaraannya tak dipakai ke manapun.

Musim mudik jelang Hari Raya Idhul Fitri seperti sekarang ini biasanya menjadi lahan panen uang bagi para pebisnis SPBU. Banyaknya mobiltas kendaraan dari kota-kota besar ke daerah-daerah tentu meningkatkan kebutuhan akan BBM. Rasanya, pemandangan antrean kendaraan di SPBU akan sangat jarang terlihat di tengah pandemi covid-19 ini. Terlebih, pemerintah pusat sudah mengeluarkan larangan untuk mudik ke kampung halaman, terutama bagi warga yang tinggal di daerah zona merah.

Baca Juga  Ingin Menjadi Kaya, Jadi Juragan SPBU Saja

Yang bisa Anda lakukan adalah tetap tenang dan tidak panik. Promosi yang tadinya bukan pilihan utama sekarang bisa Anda coba. Buatlah promo semenarik mungkin demi menarik minat calon pembeli. Karyawan SPBU yang dimiliki bisa dimaksimalkan di garda terdepan pengenalan program tersebut. Selamat mencoba!

Tips mengalokasikan dana untuk hobi

3 Cara Mengalokasikan Dana Untuk Hobi

Ingin Menjadi Kaya, Jadi Juragan SPBU Saja

Ingin Menjadi Kaya, Jadi Juragan SPBU Saja