in

Rahasia Menjadi Kaya Ala Juragan Pertamini

Rahasia Menjadi Kaya Ala Juragan Pertamini
Pertashop (C) PERTAMINA

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi orang kaya, banyak profesi pula yang bisa ditekuni untuk mewujudkan target tersebut. Sebuah rahasia menjadi kaya terungkap, di mana kali ini Anda bisa menjajal menekuni profesi sebagai Juragan Pertamini.

Pertamina sebagai perusahaan yang mengelola minyak dan gas di Tanah Air memberikan kesempatan penuh kepada rakyat kecil untuk ikut mengembangkan bisnis di bidang Bahan Bakar Minyak (BBM). Mereka membuka semacam franchise (waralaba) yang disebut Pertashop, atau yang lebih dikenal dengan nama Pertamini di berbagai daerah. Kabarnya, jangkauan Pertashop ini akan mencapai desa-desa di Indonesia.

Seperti namanya, Pertamini ini merupakan bentuk ‘miniatur’ SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum). Kalau SPBU biasanya memiliki lahan luas dengan deretan dispenser (pompa bensin), Pertamini cuma menyediakan satu dispenser saja dan berada di tepi jalan tanpa lahan luas. Meski demikian, Pertamina menjamin Pertashop akan tetap menghadirkan produk-produk dengan harga dan kualitas sama dengan yang dijual di SPBU.

Program Pertashop ini merupakan lanjutan dari program Pertamina sebelumnya, One Village One Outlet (OVOO). Dilansir dari Bisnis.com, Pertamina menargetkan, dari 7.196 kecamatan di Indonesia, Pertashop bisa dibangun di 3.827 kecamatan yang belum mempunyai lembaga penyalur BBM dan LPG.

Baca Juga  4 Risiko Bisnis Online yang Patut Anda Ketahui

“Pertamina telah menandatangani kesepakatan dengan Kementerian Dalam Negeri dan membuka peluang kerja sama kemitraan bisnis kepada Pemerintahan Desa, Koperasi, serta pelaku usaha atau UKM (Usaha Kecil Menengah) di seluruh Indonesia,” kata Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid.

Rahasia Menjadi Kaya dengan Tawaran Pertamina

Ada dua jenis kerja sama yang ditawarkan Pertamina untuk pengembangan Pertashop alias Pertamini ini. Masing-masing dari dua jenis kerja sama ini tentunya punya perbedaan masing-masing.

Jenis kerja sama pertama, pihak ketiga, seperti Pemerintah Desa, Lembaga Koperasi, atau UKM tinggal menjalankan Pertashop saja, di mana investasi ditanggung oleh pihak Pertamina. Jenis kerja sama kedua adalah Pertamina dan pihak ketiga sama-sama berinvestasi, lalu ada skema pembagian hasil/keuntungan.

Konon, butuh dana minimal Rp300 juta hingga Rp800 juta untuk berinvestasi sebagai Juragan Pertamini ini. Semuanya tergantung dari besaran kapasitas dan luar Pertashop yang akand ibangun.

Konsep Pertashop yang Ditawarkan Pertamina

Pertamina menawarkan tiga konsep pembangunan Pertashop ini. Pihak ketiga bisa memilih konsep Gold, Platinum, dan Diamond.

Baca Juga  Tentang Bisnis Game Online

Pertashop jenis Gold akan memiliki kapasitas 400 liter BBM yang bisa disalurkan per harinya, dengan kapasitas tangki sebanyak tiga kiloliter (kl). Lahan yang dibutuhkan luasnya mencapai 144 meter persegi, di mana lokasinya berjarak 10 kilometer dari desa, atau sesuai evaluasi.

Sementara, Pertamina jenis Platinum akan berkapasitas penyaluran 1.000 liter per hari, dengan tangki penyimpanan 10 kl. Pertashop jenis ini memerlukan lahan seluas 200 meter persegi dan lokasinya di kecamatan yang belum memiliki SPBU.

Terakhir, Pertashop jenis Diamond per hari bisa menyalurkan 3.000 liter, dan tangki penyimpanannya mencapai 10 kl. Luas lahan yang dibutuhkan untuk membangun Pertashop jenis ini minimal 500 meter persegi dan berlokasi di kecamatan yang belum ada SPBU-nya.

Cara Menjadi Kaya Ala Juragan Pertamini

Pihak ketiga yang berminat menjadi juragan Pertamini ini caranya cukup mudah. Pertamina tak membebankan syarat yang memberatkan kepada mereka yang ingin berbisnis Pertashop ini.

Setidaknya ada enam tahapan yang harus dilalui sebelum resmi menjadi mitra Pertamina. Tahapan itu dimulai dengan proses pengajuan, lalu ada proses verifikasi dan pengurusan administrasi perijinan ke Pemerintah Daerah. Setelah izin keluar, maka pembangunan Pertashop siap dilakukan. Kontrak kerja sama Pertashop ini berdurasi hingga 20 tahun ke depan.

Baca Juga  Opsi Peluang Bisnis dengan Uang Rp 100 Ribu
Pengertian dari Active Investor

Pengertian Active Investor untuk Pemula

Prinsip Orang Kaya yang Harus Ditanamkan pada Anak

Prinsip Orang Kaya yang Harus Ditanamkan pada Anak