in

Gerai McD Sarinah Ditutup, Ini 3 Pelajaran Berharga Bagi Pebisnis

Gerai McD Sarinah Ditutup, Ini 3 Pelajaran Berharga Bagi Pebisnis

Gerai McD Sarinah ditutup secara resmi pada 10 Mei 2020, pukul 22.05 WIB. Melihat kasus ini, setidaknya ada tiga pelajaran berharga bagi para pebisnis.

PT Rekso Nasional Food (RNF), anak perusahaan Rekso Group yang memegang lisensi McDonald’s di Indonesia terpaksa menutup gerap pertama mereka di Indonesia itu karena mematuhi kebijakan manajemen pemilik gedung Mal Sarinah. Pemilih pusat perbelanjaan di Jalan MH Thamrin No. 11, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat itu rencananya bakal melakukan renovasi total.

Rencana itu disampaikan manajemen PT Sarinah (Persero) kepada McDonald’s Indonesia pada 30 April 2020 lalu. Berdasarkan surat tersebut, selain melakukan renovasi total gedung, mereka akan melakukan perubahan strategi bisnis pemanfaatan gedung Mal Sarinah. Gedung yang kabarnya milik pemerintah itu disebut-sebut akan berubah fungsi untuk kantor BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Menariknya, dilansir dari iNews, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka menyebut, pihaknya sebenarnya masih memiliki kontrak sewa hingga 2021. Meski demikian, McDonald’s tetap diminta meninggalkan Mal Sarinah.

Baca Juga  Cara Menjadi Mitra Waralaba McDonald's Indonesia

Sejatinya, hengkangnya McDonald’s dari Sarinah ini bukanlah yang pertama kalinya sejak bediri pada 14 Februari 1991. RNF sebagai pemilik restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu pernah meninggalkan Sarinah pada 2009 silam karena kasus konflik bisnis soal hak paten McDonald’s. Mereka kembali menghuni Sarinah lagi pada 2011. Namun, kali ini Sutji belum mengungkap rencana pihak McD kembali lagi ke Sarinah pasca renovasi gedung nanti.

Sebenarnya, ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kasus gerai McD Sarinah yang ditutup ini. Namun, ada tiga hal penting yang patut dipahami oleh para pebisnis apapun, agar tak mengalami kasus yang sama dengan McDonald’s di lain hari.

Pelajaran Berharga Bagi Pebisnis Usai Gerai McD Sarinah Ditutup

1. Ketahui Rencana Jangka Panjang Pemilik Gedung

Sebagai pebisnis yang menyewa lapak di suatu gedung/pusat perbelanjaan, sebaiknya Anda mengetahui dulu siapa dan bagaimana latar belakang pemiliknya. Termasuk bagaimana rencana jangka panjang si pemilik gedung.

Hal itu akan sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis Anda di gedung/lapak yang disewa tersebut. Rencana-rencana si pemilik gedung akan menentukan langkah bisnis Anda ke depannya. Yang patut diwaspadai, bisnis Anda akan terdampak oleh rencana tak terduga dari si pemilik gedung. Karenanya, Anda harus sejalan dengan rencana-rencana juga kepentingan si pemilik gedung yang disewa.

Baca Juga  Strategi Pemasaran untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Misalnya saja, McD Sarinah yang harus angkat kaki, begitu ada rencana renovasi dan perubahan strategi bisnis si pemilik gedung. Tentu, mereka terpaksa menutup gerai yang ditempati selama bertahun-tahun, bahkan cukup ikonik sebagai gerai pertama mereka di Indonesia tersebut.

2. Menyiapkan Rencana Cadangan

Menghadapi rencana dadakan dari si pemilik gedung yang disewa, tentu solusinya Anda sebagai pebisnis harus menyiapkan rencana cadangan. Anda bisa mengantisipasi jika suatu ketika terpaksa mengalami kasus yang sama dengan McD Sarinah.

Rencana cadangan itu bisa berupa menginvestasikan sebagian uang. Investasi itu bisa berupa tabungan/deposito. Kelak tumpukan uang itu bisa Anda manfaatkan untuk membeli tanah atau membeli lapak baru ketika mengalami kasus yang sama dengan McD Sarinah.

3. Memiliki Gedung Sendiri Bukan Sewa

Menyewa gedung/lapak untuk berbisnis memang lebih ringan secara cashflow perusahaan. Namun, berbisnis di lapak milik sendiri pasti akan lebih nyaman, meski berat secara material di awalnya.

Dengan menyewa, meski memiliki ikatan perjanjian yang kuat, Anda tetap bakal punya peluang bakal mengalami masalah dengan si pemilik lapak. Beda cerita ketika Anda berbisnis di lapak milik sendiri, maka lapak tersebut bebas dikelola dengan segala potensi pemasukan dan sekaligus risikonya.

Baca Juga  5 Ide Bisnis Unik yang Jarang Dijalankan.
Ekspansi McDonald's dari Amerika Serikat ke Indonesia

Ekspansi McDonald’s dari Amerika Serikat ke Indonesia

Bisnis Waralaba McDonald's yang Bisa Bikin Kaya Raya

Bisnis Waralaba McDonald’s yang Bisa Bikin Kaya Raya