in

Cara Menjadi Mitra Waralaba McDonald’s Indonesia

Cara Menjadi Mitra Waralaba McDonald's Indonesia
Menu di McDonald's (C) SHUTTERSTOCK

Bisnis waralaba McDonald’s menjanjikan banyak keuntungan bagi mereka yang memutuskan menekuninya. Sebab, restoran cepat saji asal Amerika Serikat ini sudah populer di dunia, termasuk di Indonesia. Lalu, bagaimana cara menjadi mitra waralaba McDonald’s Indonesia?

Lisensi McDonald’s Indonesia dipegang oleh PT Rekso Nasional Food (RNF), salah satu anak perusahaan Rekso Group. Mereka menawarkan sejumlah paket kemitraan untuk para pebisnis yang mau berganung dengan waralaba McDonald’s. Bisnis ini cocok untuk para pebisnis pemula lantaran sederhana dan memiliki sistem yang diklaim terbaik di dunia.

Paket Kemitraan dari McDonald’s

McDonald’s menawarkan dua jenis paket kemitraan untuk para pebisnis yang tertarik bergabung dengan jejaring bisnis waralaba ini. Paket kemitraan itu bisa dipilih sesuai dengan kemampuan finansial dan tujuan bisnis Anda.

1. New Franchise Restaurant

Jenis New Franchise Restaurant ini umumnya khusus untuk mereka yang sudah memiliki dan pernah mengoperasikan restoran McDonald’s sebelumnya. Artinya, para pebisnis pemula sebaiknya tidak memilih paket kemitraan ini.

Untuk biaya awal (initial fee), Anda wajib menyetorkan USD45.000 atau setara dengan Rp630 juta (jika USD1 adalah Rp14.000) kepada pihak McDonald’s. Sementara, untuk biaya operasional dan peralatannya sekitar USD1.008.000 (Rp14,1 miliar) hingga USD2.214.080 (Rp30,9 miliar). Tentu saja, biaya ini akan dipengaruhi oleh ukuran fasilitas, area dari lokasi, pengeluaran pre-opening expenses, inventori, pemilihan peralatan masak, signage, dan jenis dekorasi.

Baca Juga  5 Ide Bisnis Unik yang Jarang Dijalankan.

Dengan biaya mahal tersebut, Anda berhak mendapatkan kontrak waralaba dari McDonald’s. Durasi kontrak yang Anda dapatkan selama 20 tahun, untuk lokasi tradisional.

2. Existing Franchise Restaurant

Umumnya, para pebisnis anyar memasuki sistem kerja sama kemitraan dengan McDonald’s melalui jalan paket Existing Franchise Restaurant ini. Istilahnya, paket ini bisa dipakai untuk belajar menjadi pebisnis waralaba McDonald’s sebelum benar-benar sukses kelak.

Harga pembelian existing restaurant ini bervariasi. Harganya tergantung banyak faktor, seperti sales volume, profitability, occupancy costs, reinvestment or improvement needs, competition and location.

Informasi mengenai peluang restoran yang bisa ‘dibeli’ bisa Anda dapatkan saat usai menyelesaikan program pelatihan kelas dunia bagi calon Owner/Operator. Informasi itu akan dibagikan oleh McDonalds Franchising Manager langsung.

Untuk paket ini, Anda diwajibkan menyetor uang muka 25 persen dari harga restoran yang dibeli. Sementara, pelunasannya harus sudah beres dalam kurun waktu maksimal tujuh tahun sejak membelinya.

Begini Cara Menjadi Mitra Waralaba McDonald’s

Jika Anda tertarik menjadi mitra waralaba McDonald’s, caranya cukup mudah. Yang jelas, kesuksesan ada di depan mata Anda.

Baca Juga  5 Bisnis Menggiurkan Untuk Ibu Rumah Tangga

Silakan menghubungi kontak franchising@us.mcd.com, maka informasi tersebut bisa Anda dapatkan. Anda juga bisa menghubungi Alvaro Bonta selaku U.S. Vice President – Franchising, dan Rhonda Heil selaku U.S. Franchising Manager.

Bisnis Waralaba McDonald's yang Bisa Bikin Kaya Raya

Bisnis Waralaba McDonald’s yang Bisa Bikin Kaya Raya

Investasi saat corona

4 Investasi Terbaik di Tengah Pandemi Corona