in

Peluang Usaha Cyber Security di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Usaha Cyber Security di Tengah Pandemi Covid-19
Cyber security (C) SHUTTERSTOCK

Usaha cyber security menjadi populer seiring meningkatnya kejahatan di dunia internet (cyber crime) di tengah pandemi covid-19. Lalu, bagaimana peluang usaha ini di masa depan?

Kejahatan dunia maya saat ini bukan hanya sekadar meretas akun media sosial atau website perusahaan saja. Belakangan muncuk kabar-kabar tentang dibobolnya data pelanggan sejumlah e-commerce. Tentu ini berbahaya jika data-data itu disalahgunakan untuk kepentingan pihak tak bertanggung jawab.

Makanya, dibutuhkan adanya sistem pengamanan virtual yang dilakukan oleh pihak bernama cyber security. Merekalah yang bertanggung jawab atas keamanan dan kerahasiaan seluruh data perusahaan. Tanggung jawab besar ini membuat fee yang mereka dapatkan juga tidak sedikit.

Kelebihan Usaha Cyber Security

Kelebihan usaha cyber security ini salah satunya adalah tak semua orang bisa menekuni usaha ini. Hanya orang-orang terlatih dan memiliki ilmunya saja yang bisa menjalankannya. Ini yang mahal. Karenanya, pesaingnya juga bisa dihitung dengan jari.

Dunia internet diprediksi bakal terus berkembang. Sejurus dengan hal itu, kejahatannya pun akan berkembang pula. Maka, ilmu tentang keamanan siber ini juga akan berkembang. Terlebih, saat ini kesadaran tiap individu maupun petinggi perusahaan untuk mengamankan data-data penting di dunia maya sudah semakin meningkat. Mereka tentunya ogah kecolongan aset penting yang disebut aset siber yang kapasitasnya bisa saja tak terbatas. Ketika berhasil diretas, maka bisa jadi hal itu mengancam stabilitas dan eksistensi perusahaan.

Baca Juga  Berikut Kriteria Bisnis MLM yang "Sehat"

Tentu saja, peluang usaha ini akan terbuka di masa depan. Ke depannya akan dibutuhkan semakin banyak ahli di bidang cyber security ini. Jadi, tak ada salahnya menyiapkan diri sejak saat ini mengumpulkan ilmu di bidang siber.

Risiko Usaha Cyber Security

Sebagaimana usaha lainnya, usaha cyber security ini juga memiliki risiko. Dengan tugas mengamankan, tentu pelakunya bakal berhadapan dengan pelaku kejahatan. Hanya saja, dalam hal ini kedua belah pihak tak akan saling berhadapan langsung.

Pihak pengaman (data siber) dan penjahat akan bertarung di dunia maya. Mereka akan saling beradu ilmu ke-siber-annya. Siapa yang ilmunya lebih tinggi tentu akan keluar sebagai pemenang. Mau tak mau, situasi ini memaksa cyber security memiliki ilmu yang lebih tinggi daripada para penjahat yang dilawannya.

Karena dunia internet terus berkembang, sebagai cyber security tentu harus senantiasa mengembangkan ilmu yang dimilikinya. Sekalipun sudah bergelar master, jangan pernah berpuas diri. Terus belajar mengasah diri adalah pilihan terbaik.

FC Barcelona Lirik Peluang Bisnis Masker di Tengah Pandemi Covid-19

FC Barcelona Lirik Peluang Bisnis Masker di Tengah Pandemi Covid-19

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 27 Mei 2020