in

Laba Bersih Bank CIMB Niaga Naik 11,8 Persen

Laba Bersih Bank CIMB Niaga Naik 11,8 Persen

PT Bank CIMB Niaga Tbk. berhasil mencatatkan kenaikan laba bersih sebesar 11,8% year-on-year (yoy). Laba Bank CIMB Niaga itu menembus Rp1,1 triliun pada kuartal I tahun 2020.

Dilansir dari Bisnis.com, Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan mengatakan, pihaknya terbilang sukses meraih pertumbuhan laba bersih dua digit di tengah kondisi yang menantang akibat pandemi covid-19. Keberhasilan itu ditopang pertumbuhan pendapatan dan efisiensi biaya.

“Pertumbuhan laba bersih sebesar 11,8 persen (yoy) terutama didukung oleh pendapatan non-bunga sebesar 11,5% (yoy) dan penurunan pada biaya operasional sebesar 2,7% (yoy). Hasilnya, rasio Cost to Income turun menjadi di bawah 48%,” kata Tigor.

Faktor Kenaikan Laba Bersih Bank CIMB Niaga

CIMB Niaga juga mencatatkan rasio Loan Loss Coverage (LLC) meningkat menjadi 191,13%. Biaya provisi pun turut naik menjadi 8,7% (yoy). Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) bank ini tercatat sebesar 19,39% hingga Maret 2020.

Aset Bank CIMB Niaga juga tercatat senilai Rp274,5 triliun pada akhir kuartal I tahun 2020. Aset ini membuat mereka menjadi bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.

Baca Juga  Gara-gara Covid-19, Pendapatan Nike Turun 38%

Sementara, dana murah (CASA) bank ini tumbuh 18,8% (yoy). Kenaikan itu diklaim berkontribusi terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 6,3% (yoy). Bank ini juga mampu menghimpun dana pihak ketiga (DPK) senilai Rp202,6 triliun, sedangkan rasio CASA sebesar 60,1%.

Hasil Positif Lainnya yang Dibukukan Bank CIMB Niaga

Hasil positif lainnya yang dibukukan oleh Bank CIMB Niaga adalah kenaikan jumlah dana tabungan sebesar 20,3% (yoy). Penyaluran kredit pun tercatat pertumbuhan menjadi Rp194,3 triliun, atau naik 3,3% (yoy).

Pencapaian itu tak lepas dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang meningkat 11,6% (yoy). Sementara, bisnis kartu kredit turut tumbuh sebesar 8,9% (yoy).

“Kami baru saja mengumumkan transformasi aplikasi ‘Go Mobile’ menjadi ‘OCTO Mobile’. Inisiatif ini menandai perubahan digital banking CIMB Niaga, dari aplikasi mobile banking menuju digital banking yang menyediakan fitur lengkap. Layaknya Super App, OCTO Mobile dapat melayani beragam aktivitas finansial nasabah dan memberikan customer experience yang lebih baik,” pungkasnya.

 

Ikuti kami di Instagram dan Twitter,, gabunglah bersama kami di Facebook untuk menjadi bagian dari komunitas Trader di Indonesia

Baca Juga  10 Bisnis yang Terancam Dalam Beberapa Tahun Kedepan
pengertian indeks harga saham

Pengertian Indeks Harga Saham Bagi Investor Pemula

investasi tabungan emas bodong

Investasi Emas Bodong, Berikut Cirinya!