in ,

5 Langkah Awal Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Seiring berkembangnya waktu, bisnis online kian berkembang dan semakin diminati. Karena kemudahannya, siapapun bisa memulai dan mengembangkan bisnis online. Perkembangannya pun diramalkan akan semakin melebar hingga 10 tahun mendatang.

Kini pun banyak pedagang dan bisnis offline lainnya yang sudah mengalihkan bisnisnya menjadi bisnis online. Karena kemudahan akses yang menjadi keunggulannya. Kini pun banyak anak muda yang tergerak untuk mencoba usaha jenis ini. Ada beberapa langkah awal yang bisa menjadi acuan untuk para pemula memulai bisnis online. Ini dia beberapa langkahnya!

1. Fokus pada satu kategori yang ingin Anda jual

Satu hal utama yang harus Anda pikirkan sebelum memulai bisnis online, adalah mengetahui produk atau jasa apa yang ingin Anda tawarkan. Sebaiknya carilah kategori yang memang benar-benar Anda pahami, karena kepahaman tersebutlah yang akan memengaruhi kualitas bisnis online yang Anda rintis.

Sebaiknya pemilihan ini didasarkan dengan kebutuhan pasar yang ada. Anda harus bisa memahami selera pasar. Misalnya produk pakaian wanita denga target market perempuan muda dari umur 18 – 25 tahun. Gali potensi pasar tersebut secara dalam, ketahui apa saja yang dibutuhkan para perempuan tersebut.

Baca Juga  7 Kerugian Investasi Reksadana yang Bisa Terjadi

2. Sempatkan untuk melakukan riset pada kompetitor

Riset kompetitor pun menjadi hal penting sebelum memulai bisnis online. Anda harus tahu betul siapa saja kompetitor Anda dan bagaimana cara mereka menjual produknya. Pelajari kelemahan-kelemahan yang ada pada kompetitor.

Hal itu bisa menjadi celah agar Anda bisa menjual keunggulan dari bisnis online yang Anda rintis. Keunggulan ini bisa berupa sistem atau fitur yang belum dimiliki oleh kompetitor, variasi produk yang lebih beragam, hingga harga yang lebih murah tapi dengan kualitas yang tetap maksimal.

3. Pilih supplier dengan teliti

Ketika produk yang akan dijual sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah untuk memilih supplier. Ada dua cara yang bisa Anda pilih, yakni menggunakan sistem reseller atau drop shipper. Tinggal Anda sesuaikan sistem mana yang lebih cocok dengan bisnis online Anda.

4. Bangun citra bisnis online yang terpercaya

Jika sudah mulai bergerak, hal yang harus Anda lakukan adalah membangun citra bisnis online Anda agar bisa dipercaya. Mulailah dengan membuat logo yang menarik perhatian.

Baca Juga  Merintis Bisnis Keluarga, Siapa Takut?

Selain itu cantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi agar pelanggan bisa terhubung langsung. Jika sudah dicantumkan, pastikan untuk selalu merespon dengan cepat dan maksimal.

5. Mulai lakukan berbagai macam promosi

Jika semua aspek sudah berjalan, Anda bisa memulai mempromosikan bisnis online milik Anda. Anda bisa mencoba memasarkan melalui media sosial hingga jalur promosi berbayar. Mungkin sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba memasarkan dari lingkungan Anda terlebih dahulu bersamaan dengan promosi di media sosial. Keluarga dan teman-teman di sekitar bisa menjadi calon pelanggan awal Anda.

Setelah beberapa waktu, mulailah untuk mempromosikan bisnis online dengan cara berbayar. Media sosial juga menawarkan ads atau iklan berbayar yang akan tertuju langsung pada target market yang sesuai dengan produk yang dijual.

Tinggalkan Balasan

FX Institusional Merah Melaporkan Volume Lebih Rendah di FXSpotStream

Rahasia Promosi Media Sosial Agar Postingan tidak Sia – sia (Part 2)