in

5 Ide Pekerjaan Sampingan Cocok buat Mahasiswa

Pekerjaan sampingan adalah hal penting bagi mahasiswa, selain untuk belajar dan menimba pengalaman sebanyak mungkin, juga sebagai persiapan agar kelak siap untuk bersaing di dunia kerja.

Para mahasiswa pasti ada yang memikirkan bagaimana caranya berbisnis sambil tetap kuliah. Berikut kami berikan 5 ide pekerjaan yang cocok dijalankan oleh mahasiswa dan waktunya dijamin tidak mengganggu jam kuliah.

1. Tentor Les Privat

Pekerjaan ini tugasnya adalah memberikan pelajaran les secara privat kepada beberapa anak, mulai jenjang SD, SMP, sampai SMA, tergantung keahlian yang dimiliki.

Misalnya, mahasiswa jurusan ilmu eksak atau sains dapat memberikan pelajaran biologi, kimia, matematika, atau fisika. Bahkan dapat memberikan pelajaran yang bersifat umum semisal bahasa Inggris.

Biasanya bisnis ini laris ketika akan diadakan Ujjan Nasional (UN). Sebab ada banyak anak yang ingin makin memperdalam mata pelajaran yang diujikan secara nasional melalui les privat.

2. Jasa Print

Bisnis jasa pengetikan dan print merupakan bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa, terutama bagi yang tinggal/indekos di sekitar lingkungan kampus.

Baca Juga  Memulai Bisnis Laundry? Kenali Beberapa Kendala Berikut Ini

Mengapa pekerjaan ini menjanjikan? Alasannya yaitu dibandingkan mencetak tugas sendiri, saat ini masih banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa print.

Cukup memiliki laptop/komputer dan printer sebagai modal utama. Untuk menghemat biaya, Anda bisa membeli perangkat bekas yang masih bagus.

3. Jualan Online

Bukan hanya mengumpulkan tugas yang bisa dilakukan secara online, ngumpulin rupiah pun saat ini bisa dilakukan dengan berinteraksi menggunakan smartphone.

Di sini mahasiswa dapat menjual berbagai macam baju, celana/rok, pernak-pernik, dan berbagai jenis sepatu. Dalam jualan online, menjual pakaian dan pernah pernik perempuan akan lebih menjanjikan.

Namun jika anda tidak memiliki barang, Anda dapat menjualkan barang dari beberapa situs reseller maupun dropship.

4. Service Laptop

Bisnis ini cukup potensial karena saat ini mahasiswa sebagian besar telah memiliki laptop. Namun, bisnis ini hanya dapat dijalankan orang yang mengerti dan mempunyai keterampilan soal hardware dan software.

5. Penerjemah

Jika Anda merasa sudah cukup menguasai Bahasa Inggris , Anda bisa bekerja menjadi seorang penerjemah. Pekerjaan ini peluangnya cukup banyak, seperti menerjemahkan artikel bahasa inggris, surat resmi dalam bahasa inggris, abstrak skripsi dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Menghimpun Dana Lewat Crowdfunding, Pilih Jenis yang Tepat sesuai Tujuan!

Tinggalkan Balasan

FXTM Sebagai Merek Global

7 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Mahasiswa