in

Dapatkan produk favorit Anda melalui e-auction!

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah berkembang pesat, termasuk dalam kehidupan bisnis. Tahukah Anda? Ada inovasi dalam kehidupan bisnis, yaitu lelang online atau biasa disebut e-auction.

Apa itu e-auction?

Lelang elektronik (e-auction) adalah e-business antara juru lelang dan penawar yang berlangsung secara elektronik melalui situs internet. Ada tiga macam e-auction, yaitu bisnis ke bisnis (B2B), bisnis ke konsumen (B2C), dan konsumen ke konsumen (C2C).

Para juru lelang menawarkan barang atau jasa mereka dalam situs lelang di internet. Jika konsumen ingin mendapatkan barang atau jasa tersebut, mereka dapat mengajukan penawaran mereka untuk ikut pelelangan pada waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, pelelangan harus dilakukan secara transparan dan semua pihak yang berkepentingan diizinkan untuk berpartisipasi dalam waktu yang ditentukan.

E-auction telah menciptakan pasar virtual raksasa secara efektif  dan menjadi tempat berkumpulnya para juru lelang dan konsumen untuk menjual, membeli, memperdagangkan, dan menawar berbagai jenis barang atau jasa.

Bagaimana cara memulai penawaran?

Jika Anda tertarik pada salah satu produk atau jasa, pastikan situs lelang tersebut tepercaya. Kemudian, Anda dapat mulai menawar produk favorit Anda. Sebelum Anda memberikan uang atau informasi pribadi Anda, Anda harus mengetahui bagaimana situs dan penjual beroperasi, apa yang sebenarnya Anda tawar, dan penipuan yang mungkin terjadi pada Anda.

Baca Juga  Rupiah Tergelincir Akibat Pandemi Corona

Apa saja jenis lelang elektronik?

Ada dua jenis utama lelang elektronik, yaitu forward auction dan reverse auction.

1. Forward auction

Forward auction biasanya terdiri dari satu penjual dengan banyak pembeli. Pembeli akan bersaing untuk mendapatkan produk atau layanan dengan menawar harga tertinggi. Dengan kata lain, pembeli membayar harga tertinggi dan penjual mendapatkan pendapatan maksimum dari produknya.

2. Reverse auction

Dalam reverse auction, ada satu pembeli yang mencoba untuk memiliki harga produk yang lebih rendah yang ditawarkan oleh beberapa penjual. Pembeli akan membayar harga terendah dan penjual dapat menjual produknya dengan cepat dan mudah.

Apakah Anda ingin mencoba lelang elektronik? Sudahkah Anda mempersiapkan taktik untuk mengajukan penawaran? Semoga beruntung!

Baca juga: Belanja Online dengan Fitur Checkout di Instagram

 

 

Tinggalkan Balasan

Inilah Keunggulan Investasi Saham

16 Fitur di Instagram yang Harus Anda Ketahui