in

9 Peluang Bisnis di Bulan Ramadan yang Menguntungkan

Bisnis di bulan Ramadan cukup menguntungkan

Memasuki bulan suci Ramadhan, Allah akan melipat gandakan pahala bagi semua amal ibadah yang dilakukan hamba-Nya. Namun, tahukah Anda? Bisnis di bulan Ramadan juga cukup menguntungkan.

Di Indonesia sudah menjadi tradisi saat bulan Ramadhan, muncul bisnis dadakan yang menggiurkan untuk ditekuni. Bagi orang-orang yang memiliki jiwa bisnis, bulan Ramadhan ini tidak dilewatkan begitu saja. Mereka berlomba-lomba membuat bisnis usaha yang cocok saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Bisnis usaha yang cocok saat bulan Ramadhan dan Hari Raya dapat berupa jual produk barang dan jasa. Dan tentunya bisnis ini trend di bulan Ramadhan setiap tahunnya. Nah, apa sajakah bisnis di bulan Ramadan yang menguntungkan:

  1. Menjual Kue Kering

Berjualan kue kering juga bisa menjadi peluang usaha yang paling banyak diminati dan paling menguntungkan di bulan suci Ramadhan. Anda bisa menjual aneka macam kue kering seperti kue nastar, kue kacang, kue cokelat,kue keju dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk pemasarannya, bisa dilakukan secara online atau dari mulut ke mulut. Dengan berbisnis kue kering, Anda pun bisa mendulang banyak keuntungan karena selalu dicari para ibu muda yang sibuk bekerja.

  1. Menjual Takjil / makanan berbuka puasa

Takjil merupakan makanan yang disajikan saat berbuka puasa. Karena itulah, tak heran jika banyak orang kreatif memanfaatkan kesempatan bulan Ramadhan dengan membuka stand jualan takjil. Dengan berbagai macam olahan makanan yang dibuat sangat menarik, tentu saja membuat para pembeli merasa tergoda mencicipi sejumlah takjil yang ditawarkan saat berbuka.

Adapun beberapa menu takjil yang bisa Anda jajakan adalah jus buah-buahan, kolak pisang, gorengan, dan lain sebagainya. Menu makanan takjil ini memang sangat laris di bulan puasa. Jadi untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan di bulan suci Ramadhan, bisa membuka stand jualan takjil yang dijajakan di tempat-tempat strategis.

  1. Berjualan Baju Muslim
Baca Juga  Cara Mendaftarkan Merek Dagang di Ditjen HKI

Momen-momen lebaran biasanya dimanfaatkan oleh setiap orang untuk memakai pakaian yang serba baru, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Karena itu, bisnis pakaian saat bulan Ramadhan merupakan pilihan paling tepat yang menguntungkan.

Adapun jenis pakaian yang banyak digandrungi wanita muslim saat bulan suci Ramadhan dan momen lebaran ialah busana muslim. Pakaian bernuansa islami umumnya banyak diburu kaum muslim untuk digunakan saat shalat Ied atau saat mudik. Meskipun begitu, tak menutup kemungkinan banyak orang yang juga mencari pakaian biasa dan tak bernuansa islami.

  1. Menjual Toples Kue

Selain menjual kue kering, momen Ramadhan ini banyak juga yang digunakan untuk menjual toples kue , berbagai jenis toples kue di jual dengan model-model yang menarik . Biasanya toples ini akan dipakai pada saat menyajikan kue kering di momen Lebaran.

  1. Berjualan Pelengkapan Sholat

Setiap muslim di bulan puasa tentu berlomba-lomba untuk beribadah kepada Allah SubhannaWataa’la, karena pahala yang diberikan di bulan puasa lebih besar dan berkali lipat dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Karena itu, untuk menunjang kebutuhan ibadah setiap muslim tentu membutuhkan perlengkapan sholat. Inilah salah satu peluang yang bisa Anda coba saat membuka usaha di bulan suci Ramadhan. Anda bisa berjualan mukena, peci, dan sejadah, lalu bisa menjualnya secara online.

  1. Usaha Katering untuk Menu Buka Puasa dan Sahur
Baca Juga  Merintis Bisnis Keluarga, Siapa Takut?

Saat bulan Ramadhan ada yang namanya saat berbuka dan sahur. Saat berbuka dilakukan saat memasuki waktu Magrib sedangkan saat sahur dilakukan sebelum Subuh. N

ah, saat berbuka puasa dan sahur juga dapat dijadikan bisnis usaha karena biasanya saat bulan Ramadhan, beberapa orang tidak sempat memasak. Anda dapat membuka usaha katering untuk menu berbuka puasa dan sahur.

Bisnis usaha katering untuk menu berbuka puasa dan sahur dapat dijadikan peluang usaha yang mendatangkan banyak keuntungan. Apalagi bagi Anda yang tinggal di sekitar rumah kos untuk mahasiswa atau karyawan/karyawati.

Jika Anda ingin membuka bisnis katering ini, Anda harus pandai-pandai mengombinasikan menu makanan agar pelanggan Anda tidak bosan, seperti saat berbuka puasa Anda menyediakan sayur sop hangat, perkedel dan ayam goreng.

  1. Jual Kurma

Bisnis di bulan Ramadan dengan menjual kurma cukup menguntungkan, kurma adalah buah yang selalu dicari saat bulan Ramadhan. Buah yang berasal dari negeri para Nabi ini sangat dicari di Indonesia karena memang buah ini tidak dapat tumbuh subur di Indonesia.

Nah, kesempatan ini dapat Anda jadikan sebagai bisnis usaha saat bulan Ramadhan. Anda dapat mencari agen kurma yang ada di Indonesia dengan harga murah. Saat bulan Ramadhan permintaan buah kurma akan meningkat karena tradisi masyarakat yang tidak sah jika berbuka tidak makan kurma.

Kesempatan tersebut adalah peluang bisnis yang cocok saat Ramadhan, Anda dapat menjual buah kurma secara offline maupun online.

 

  1. Usaha Parsel Lebaran
Baca Juga  Harga Emas Menguat Efek Wabah Corona

Usaha parsel lebaran juga dapat dijadikan bisnis yang cocok saat bulan Ramadhan karena menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat berlomba-lomba mengirim parsel ke sanak saudara.

Kesempatan tersebut dapat dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Jika Anda memulai membuka usaha parsel ini, Anda harus mempunyai ide kreatif dalam mengemas parsel.

Pengemasan parsel lebaran menjadi daya tarik konsumen untuk memesan parsel usaha Anda. Oleh karenanya dibutuhkan kreativitas dalam mengemas parsel, seperti Anda mengombinasikan isi parsel berupa kue kering dan minuman ringan.

  1. Usaha Jasa Penitipan Kendaraan Bermotor

Usaha penitipan kendaraan bermotor juga marak dilakukan saat bulan Ramadhan, karena di akhir Ramadhan banyak orang mudik dan menitipkan kendaraannya agar lebih aman.

Usaha penitipan kendaraan bermotor ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar, Anda hanya perlu menyiapkan lahan parkir yang cukup luas untuk memarkir kendaraan.

Tinggalkan Balasan

3 Langkah sebelum membuka franchise

Ingin Membuka Bisnis Franchise? Lakukan 3 Hal ini!

Punya Modal Kecil? Coba 4 Aplikasi Investasi Ini, Yuk!