in

Opsi Peluang Usaha di Desa dengan Prospek yang Cemerlang

Opsi peluang usaha di desa

Memulai sebuah usaha sebenarnya tak harus dilakukan didaerah industri seperti di daerah perkotaan. Di daerah pedesaan pun sebenarnya sangatlah berpotensi besar untuk memulai usaha anda. Lalu jenis usaha apa yang kiranya cocok untuk anda yang tinggal di daerah pedesaan? Berikut PikiranTrader akan menyajikan beberapa opsi peluang usaha di desa, yang tentunya memiliki prospek yang cemerlang untuk anda.

1. Berkebun Sayur / Buah

Pada poin pertama ini nampaknya sudah menjadi hal yang wajar apabila tinggal didaerah pedesaan. Ketersediaan lahan yang mumpuni, tentunya menjadi faktor utama yang mempengaruhi usaha yang satu ini. Andapun dapat memulai usaha yang satu ini dengan skala besar ataupun skala kecil. Yaitu dengan menggunakan lahan berupa kebun yang luas, ataupun hanya dengan dipekarangan rumah anda. Namun tetap, poin utama yang harus anda pertimbangkan ialah memikirkan komoditas apa yang cocok untuk dibudidayakan didaerah geografis tempat anda tinggal.

Seperti contohnya jika anda bertempat tinggal didaerah yang memiliki kontur tanah basah dengan suhu dingin seperti didaerah lereng gunung, anda dapat memilih jenis sayuran hijau ataupun buah daratan tinggi seperti stowberry. Sebaliknya, jika anda kebetulan tinggal di daerah yang memiliki kontur tanah kering dan cenderung berhawa panas, andapun dapat memilih jenis tanaman seperti buah naga atau yang lainnya.

Baca Juga  Mesin Pencetak Uang Bali United: Bali United Playland

Untuk hasil yang maksimal andapun dapat mendistribusikan hasil kebun anda ke sektor kota. Selain itu andapun dapat mengembangkan usaha ini dengan membuka agrowisata. Tentunya selain disisi ekonomi yang menjanjikan, dari segi edukasi perkebunan andapun akan turut ikut andil didalamnya. Menarik bukan?

Baca Juga : 8 Tips Membangun Relasi Bisnis

2. Beternak Ayam Pedaging

Tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan bahan pangan berupa daging ayam sangatlah tinggi, terkhusus untuk daerah perkotaan. Dilansir dari tirto.id kebutuhan akan daging ayam dikota-kota besar selalu besar. Bahkan, permintaan pasar akan memuncak drastis menjelang hari-hari besar seperti bulan Ramadhan ataupun lebaran.

Kesempatan ini tentunya akan menjadi peluang emas bagi anda. Hal utama yang anda butuhkan dalam memulai usaha ini tentunya kandang ayam serta bibit ayam pedaging yang akan anda besarkan. Luas kandang serta banyaknya ayam akan sangat berpengaruh pada hasil yang akan anda peroleh dalam usaha yang satu ini.

3. Beternak Unggas Petelur

Hampir sama dengan usaha beternak ayam pedaging, usaha beternak unggas petelur inipun dapat menjadi opsi bagi anda yang ingin memulai usaha di daerah pedesaan. Prospek dari usaha yang satu ini tentunya sangat baik, mengingat kebutuhan akan telur unggas dipasar selalu stabil. Tak hanya diperkotaan, namun juga dipedesaan. Dalam usaha yang satu ini anda dapat memilih membudidayakan ayam petelur ataupun burung puyuh, karena telur dari kedua jenis unggas tersebut hingga saat ini masih mendominasi produk pasar.

Baca Juga  Peluang Usaha Barbershop di Tengah Pandemi Covid-19

Jika anda memilih ayam petelur, keuntungan yang akan dapat anda peroleh tentunya produk berupa telur yang kita tahu bahwa harga dipasaran masih tergolong tinggi. Ayam petelurpun dapat menghasilkan telur setiap hari selama ayam anda berada diusia produktif. Sedangkan keuntungan yang akan anda dapat dari burung puyuh, ialah lahan kandang yang tak terlalu membutuhkan space yang luas. Jika unggas anda inipun telah memasuki fase afkir atau tak menghasilkan telur, andapun tak akan khawatir mengingat permintaan pasar akan daging dari kedua jenis unggas ini juga masih tinggi.

4. Budidaya Ikan Air Tawar

Masih tergolong sama dengan membudidayakan unggas, usaha budidaya ikan air tawar juga sangat menjanjikan dilakukan didaerah pedesaan. Permintaan pasar akan daging ikan pun masih tergolong tinggi. Keuntungan yang akan anda peroleh apabila memilih usaha ini adalah dari segi modal mengingat dibandingkan dengan membudidayakan unggas, budidaya ikan air tawar ini tak membutuhkan penanganan ekstra dalam hal kebersihan kandang.

Untuk memulai usaha budidaya ikan air tawar ini. yang perlu anda lalukan ialah membuat kolam ikan entah berjenis kolam cor maupun kolam terpal. Sedangkan untuk jenis ikan yang dapat dibudidayakanpun bervariatif. Contohnya saja anda dapat memilih jenis ikan seperti ikan nila dan ikan lele. Kedua jenis ikan ini selain mudah dalam hal perawatan juga tentunya  karena permintaan pasarnya yang tinggi. Jika anda membudidayakan ikan dengan skala yang besar, andapun dapat mengembangkan usaha anda ini dengan membuka kolam pancing yang tentunya juga akan sangat menjanjikan.

Baca Juga  5 Kepribadian yang Wajib Dimiliki Pengusaha Untuk Menarik Investor

 

Itulah beberapa opsi jenis-jenis usaha yang dapat anda lakukan didaerah pedesaan, tentunya dengan prospek yang sangat menjanjikan. Jadi, bagaimana? Siap memulai usaha anda didesa?

 

Tinggalkan Balasan

Pemindahan ibu Kota, jakarta mampu bersaing dengan negara Asia Tenggara

Mantan Ibu Kota, Jakarta Mampu Bersaing dengan Kota-Kota Besar Asia Tenggara

Emiten,

Apa itu Emiten? Belajar Investasi Yuk!