in

Ingin Buka Bisnis Baru? Jawab Dulu 9 Pertanyaan Ini!

9 Pertaunyaan untuk yang ingin Buka bisnis baru

Setiap orang pasti memimpikan untuk mempunyai bisnis sendiri. Membuka bisnis baru atau startup merupakan tren tersendiri di kalangan milenial saat ini. Dan akan sangat menyenangkan bila bisnis tersebut dapat menyalurkan bakat dan minat kamu, bukan? Nah, sebelum kamu ingin membuka dan mengembangkan sebuah bisnis baru, dikutip dari SimulasiKredit, coba kamu jawab 9 pertanyaan ini:

1. Bisnis apa yang harus kamu jalankan?

Sebagai seorang pemula, ada baiknya jika menjalankan bisnis yang sudah familiar. Lebih baik lagi jika bisnismu tersebut bisa menginvestasikan kemampuanmu.

Terkadang, sering bingung sendiri, bisnis apa yang sekiranya ingin dibuka. Nah, inilah pentingnya mengetahui dan memahami kekurangan diri sendiri. Untuk mengetahui potensi terbesar mana yang bisa dijadikan patokan dalam membuka bisnis baru.

2. Apakah masyarakat membutuhkan produk/ jasamu?

Jangan hanya terpaku pada dirimu sendiri atau orang-orang di circle kecilmu. Meskipun barang/jasa yang kamu tawarkan tersebut dibutuhkan, bukan berarti semua orang juga membutuhkan hal yang sama, kan?

Market research mengenai produk/jasa yang kamu tawarkan sangat perlu untuk dilakukan. Apakah produk/ jasamu dibutuhkan oleh masyarakat luas? Pertanyaan ini penting agar kamu tidak terjerumus dalam kesalahan menjalankan bisnis. Selain itu, riset mengenai harga jual juga tidak kalah penting dalam membuka bisnis baru.

Baca Juga  Terlemah dalam Sejarah, Rupiah Tembus Rp15.400/US$

3. Berapa banyak dana yang kamu butuhkan?

Ketika kamu akan memulai bisnis, pertanyaan inilah yang paling mendasar bukan? Mengenai berapa besar modal yang sekarang kamu kantongi? Buatlah analisis keuangan yang matang sesuai dengan bidang yang ditekuni. Hitung berapa uang yang kamu butuhkan di awal, termasuk dalam tahap pembuatan dan marketing. Lalu, perkirakan waktu yang diperlukan agar bisa balik modal, pun dengan laba yang akan didapat.

4. Dimana kamu bisa menjalankan bisnis?

Pertanyaan ini tergantung jenis bisnis apa yang ingin kamu rintis. Jika perusahaan online, maka tempat bukanlah masalah yang penting. Tapi, jika kamu memerlukan untuk berinteraksi secara langsung dengan customer maka tempat bekerja sangat diperlukan. Terkadang, sebuah tempat juga bisa menentukan arah kehokian sebuah bisnis, lho!

BACA: Richard Branson: 5 Rahasia Memulai Bisnis

5. Apakah kamu perlu membuat business plan sendiri?

Ya! Tentu! Untuk memahami seluk beluk bisnismu dan segala macam resiko yang mungkin akan dihadapai, sebuah business plan sangatlah penting untuk dirancang. Ingat, kamulah sang pengendali dari bisnimu tersebut. Kamu punya kontrol penuh di dalamnya. Jadi, business plan yang matang dan terperinci sangatlah diperlukan.

Sebuah business plan yang matang dan rinci juga akan membantumu dalam beberapa hal, diantaranya mencari investor. Pemahaman dan penjelasan yang runtut dan memuaskan akan menarik investor yang kamu inginkan untuk keberlangsungan bisnismu.

Baca Juga  Merchandise Mampu Jadi Strategi Pemasaran Ampuh, Inilah Aneka Kegunaannya!

6. Haruskah kamu membeli franchise atau mendirikan brandmu sendiri?

Dalam menjawab pertanyaan ini semuanya kembali kepada dirimu; tipe kepribadian, minat, dan jumlah modal yang dipunyai. Untuk yang sudah mengantongi modal yang cukup besar, maka bukanlah suatu masalah yang besar jika ingin membeli sebuah franchise.

Namun, ada beberapa kekurangan dibalik membeli sebuah franchise. Selain diperlukannya modal yang besar, kamu tidak punya kendali penuh atas bisnis ini. Pun dengan laba yang diperoleh harus dibagi dua dengan pemilik franchise. Jika memang kamu siap untuk membeli franchise, pastikan untuk memperhatikan setiap detail mengenai kelebihan dan kekurangan yang akan didapat.

7. Apakah kamu bekerja dengan orang yang tepat?

Sebagai seorang pemula yang ingin menekan biaya awal atau modal, tentu orang terdekatlah yang akan menjadi partner kamu dalam membuka bisnis. Nah, disinilah keputusan yang harus diambil dengan tepat mengenai siapa yang akan kamu pekerjakan pertama kali untuk menentukan nasib perusahaanmu. Pastikan orang tersebut benar-benar kompeten dan bisa diandalkan. Tidak ada salahnya juga untuk membuat perjanjian hitam di atas putih untuk menghindari konflik-konflik yang muncul dikemudian hari.

Baca Juga  Dapatkan Umpan Balik Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis Anda!

8. Kompetisi seperti apa yang akan kamu hadapi?

Sekali lagi, lakukan riset menyeluruh mengenai hal ini. Tentukan pasar kamu. Ketahui kompetitor kamu yang menjalankan bisnis dengan bidang yang sama. Karena tidak melulu, bisnis yang unik dan baru akan sedikit pesaingnya. Pelajari lika-liku di dalamnya, dan baru kamu siap untuk terjun ke dalamnya.

9. Bagaiman jika kamu gagal?

Optimisme adalah kunci utama dalam menjalankan sebuah bisnis baru. Kamu memerlukan kegigihan yang kokoh untuk menerjang segala rintangan yang ada, apalagi saat kelahiran bisnismu tersebut.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu juga prepare for the worst. Satu hal yang perlu ditekankan di sini, kegagalan bukanlah sesuatu yang memalukan. Justru dari sinilah kamu bisa mempelajari hal baru untuk lebih bersinar lagi di lain hari. Banyak sekali kisah-kisah orang sukses yang sebelumnya juga kerap terjatuh. Namun, dengan begitulah kamu akan beajar bagaiman cara untuk berdiri dan berlari.

Nah, itu dia 9 pertanyaan yang harus kamu jawab jika kamu ingin membuka sebuah bisnis baru. Semangat dan selamat mencoba!

BACA: Yuk! Buat 5 Bisnis Tanpa Modal melalui Instagram

Tinggalkan Balasan

Pip Profit yaitu platform komprehensif yang mengumpulkan sumber daya perdagangan Anda di satu tempat.

Pip Profit , Aplikasi Terbaru di Fullerton Market

Inflasi Ramadhan

Ramadhan 2019, BI Prediksi Inflasi di 0,51%