in

6 Jenis Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Gaji Pas-Pasan

Anda tidak dapat hanya mengandalkan gaji bulanan dari kantor, lebih baik jika mulai mencari cara agar punya sumber pendapatan tambahan. Seperti dengan menjalankan usaha sampingan sambil bekerja. Anda tidak dapat hanya mengandalkan gaji bulanan dari kantor, lebih baik jika mulai mencari cara agar punya sumber pendapatan tambahan. Seperti dengan menjalankan usaha sampingan sambil bekerja.

Di bawah ini adalah jenis bisnis dengan modal kecil yang cocok untuk gaji yang pas-pasan :

1. Broker Property

Anda tidak dapat hanya mengandalkan gaji bulanan dari kantor, lebih baik jika mulai mencari cara agar punya sumber pendapatan tambahan. Seperti dengan menjalankan usaha sampingan sambil bekerja. Bayangkan jika Anda berhasil menjual satu rumah saja, komisi yang Anda dapatkan lumayan sekali. Cobalah untuk bergabung dengan agen properti Anda untuk membantu memasarkan rumah, apartemen dan tanah.

2. Membuka Online Shop

Anda bisa mengurusnya di waktu luang, seperti pada saat jam makan siang untuk membalas chat dan mengecek pembayaran dari customer. Membuka online shop atau toko online bisa jadi pilihan, karena menjalankan bisnis online terbilang cukup fleksibel dan tidak akan mengganggu konsentrasi Anda di kantor.  Membuka online shop atau toko online bisa jadi pilihan, karena menjalankan bisnis online terbilang cukup fleksibel dan tidak akan mengganggu konsentrasi Anda di kantor.

Baca Juga  Kenali Startup Unicorn dan Decacorn dengan Prestasi Besar

 3. Buka usaha jasa sesuai keahlian

Ketika tidak ingin keluar modal untuk membuka usaha sampingan, maka jalan terbaiknya adalah mengandalkan keahlian yang kita miliki. Manfaatkan keahlian yang Anda miliki untuk bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan karyawan. Beberapa usaha jasa yang mengandalkan keahlian seperti jasa penerjemah, jasa les private, jasa desain grafis, jasa melatih menulis, jasa mengedit naskah, dan jasa membuat blog dan website.

 4. Menjadi Blogger

Anda suka menulis? Nah, manfaatkan keahlian dan hobi Anda ini. Buatlah blog, aktiflah menulis mengenai topik bahasan tertentu yang dapat mengundang banyak pembaca. Misalkan Anda suka jalan-jalan, jadikan blog pribadi sebagai wadah untuk membahas tempat wisata hingga kuliner di daerah yang Anda kunjungi. Jika pengunjung blog ramai, Anda bisa memonetisasi blog Anda dan mendapatkan uang.

 5. Jasa laundry

Percaya atau tidak, jasa laundry kiloan merupakan salah satu usaha sampingan dengan modal yang cukup rendah dan dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Cukup dengan perkiraan modal sebesar Rp 6 jutaan Anda dapat memulai bisnis ini. Modal ini untuk mesin cuci, mesin pengering, deterjen, pewangi, timbangan, setrika dan plastik. Untuk memperkecil modal Anda dapat memilih mesin cuci yang sudah tergabung langsung dengan mesin pengering. Kemungkinan besar Anda dapat meraih keuntungan 15%-25% dari tarif laundry per kilo. Asumsi tarif laundry sekitar Rp 4.000 sampai Rp 6.000 per kilogram.

6. Jasa cuci motor / mobil

Bila lingkungan Anda banyak pemilik motor ataupun mobil, mengapa tidak memulai usaha jasa cuci motor/mobil? Banyak orang rela menanti berjam-jam untuk antrian cuci motor ataupun mobil. Sebagian orang bahkan bersedia meninggalkan kendaraannya dan mengambilnya ketika mobil atau motornya telah selesai dicuci. Usaha sampingan cuci motor/mobil dapat memberikan laba yang cukup tinggi jika Anda memulainya di daerah yang tepat. Modal usaha ini hanya berkisaran antara Rp 2 jutaan. Mengenai tempat, Anda dapat memulai dengan daerah perumahaan Anda. Jadi Anda tidak memerlukan biaya tambahan untuk sewa lokasi. Dan ketika Anda melihat masa depan dari bisnis ini maka Anda dapat memulai mengembangkannya dengan membuka cabang di lokasi strategis.

Baca Juga  Co-working Space terbaik Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Habis lebaran, perhatikan keuangan

Mau Keuangan Tetap Aman Setelah Selesai Mudik Lebaran? Wajib Lakukan 5 Hal Ini!

tips mengelola gaji sampingan

Awas! Berikut Kebiasaan Sepele yang Dapat Menguras Keuangan Anda!