in

Ingin Bisnis Tanaman Hias? Berikut Tipsnya

bisnis tanaman hias

Tanaman hias masih menjadi salah satu komoditi yang digemari masyarakat luas. Selain dijadikan sebagai koleksi, tak jarang tanaman hias juga digunakan sebagai pelengkap dekorasi bangunan. Oleh karena itu bisnis tanaman hias masih sangat berpotensial dimasa yang akan datang. Lalu bagaimana cara memulai bisnis tanaman hias ini? Simak ulasan PikiranTrader berikut;

1. Pengetahuan yang Cukup

Bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam atau mengoleksi tanaman hias tentunya tak akan menjadi masalah, namun bagaimana yang minim pengetahuan tentang tanaman hias? Oleh karena itu langkah awal yang harus anda lakukan tentunya mempelajari tentang seluk beluk tanaman hias.

Anda harus memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni untuk memulai memulai bisnis ini. Karena jika tidak, tentunya anda akan merugi mengingat tanaman hias dapat layu dan mati sebelum terjual. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tanaman hias. Tentang bagaimana cara merawatnya, bagaimana cara menjadikannya lebih indah dan yang lainnya.

2. Pemilihan Jenis Tanaman Hias

Pemilihan yang tepat bisa menjadikan bisnis tanaman hias bisa tetap eksis. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa menjadi komoditi bisnis yang tentunya menjanjikan. Misalnya ketika anda menentukan jenis bunga, maka pilihlah bunga yang memiliki daya jual stabil dan tidak hanya musiman semata.

Baca Juga  Manfaat SEO untuk Bisnis Online yang Harus Anda Ketahui

Anda bisa memulai dengan fokus terlebih dahulu dengan satu atau dua jenis tanaman hias. Baru setelah dirasa ada perkembangan yang bagus, anda bisa menambah jenis tanaman hias baru.

Baca juga: Ingin Membuka Usaha Warkop? Cermati Hal-hal Berikut!

3. Pertimbangkan Modal

Hal yang ketiga ini masih berhubungan dengan poin kedua, yaitu tentang modal anda dalam memulai bisnis ini. Untuk langkah awal, anda dapat memilih jenis tanaman yang mudah perawatan serta minim biaya perawatannya. Hal ini dikarenakan anda masih tergolong pemula dalam bisnis ini. Jangan sampai anda tergesa-gesa dengan mengeluarkan modal besar untuk merawat jenis tanaman mahal, namun berakhir kerugian karena tanaman anda mati.

4. Lokasi yang Strategis

Ingat istilah ‘Lokasi Menentukan Segalanya’? Nampaknya hal itu juga akan sangat berlaku dalam menjalankan bisnis ini. Lokasi bisa menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis tanaman hias anda. Sudah tentu lokasi yang potensial adalah lokasi yang ramai atau mudah dijangkau oleh calon konsumen.

Baca Juga  Program Mudik Gratis Dengan Kereta Api Sudah Dibuka, Begini Cara Mendapatkanya !

Anda dapat memilih lokasi seperti area tempat wisata, penginapan ataupun pusat kota. Pertimbangkan juga luas area yang akan anda manfaatkan untuk usaha ini. Karena berbisnis tanaman hias sedikit membutuhkan area yang lebih luas, tak lain sebagai tempat memajang tanaman anda. Selain itu perhatikan juga kesesuain suhu daerah anda dengan tanaman hias yang akan anda kelola. Jika tanaman tidak cocok dengan suhu, maka bisa dipastikan tidak akan maksimal.

Baca juga : Beberapa Pekerjaan yang Cocok untuk Anda Para Introvert

Jika anda ingin serius menekuni bisnis ini, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu seluk beluk bisnis ini dengan baik. Selain itu, persiapkan semuanya agar anda tidak terjebak hanya pada tren bisnis tanaman hias yang terkadang bersifat sesaat. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Business plan

Wajib Dipelajari, Inilah Cara Membuat Business Plan

Saham MNC anjlok

Ada Apa dengan Saham MNC? Kok Anjlok?!