in

Bolehkah Anda Memulai Bisnis dengan Teman?

Memulai bisnis dengan teman dianggap lebih mudah dan lebih menyenangkan daripada membangunnya dengan seseorang yang baru Anda kenal.

Memahami karakter satu sama lain dapat menjadi modal awal untuk memperkuat kerja sama ini.

Sayangnya, ada juga beberapa orang yang berakhir dengan permusuhan, karena ada perbedaan dalam satu hal atau lainnya.

Jika Anda tidak dapat memisahkan hubungan pribadi dari pekerjaan, ini bisa menjadi masalah bagi Anda. Karenanya, jangan sewenang-wenang memilih teman sebagai mitra kerja Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan jika Anda ingin memulai bisnis Anda dengan teman.

Buat Perjanjian Kerja dengan Jelas

Satu hal yang harus selalu Anda ingat adalah membedakan hubungan pertemanan Anda dari pekerjaan. Anda harus terlebih dahulu mengatur perjanjian ‘hitam dan putih’ sebelum memulai bisnis.

Banyak kasus bisnis yang gagal dan berakhir dengan perselisihan karena tidak ada kesepakatan dalam berbagai cara, seperti mengatur distribusi keuntungan, posisi, serta keputusan jika terjadi hal yang tidak terduga.

Membuat Visi dan Misi

Visi dan Misi dalam bisnis dapat mengarahkan Anda ke tujuan bisnis Anda dan teman Anda.

Baca Juga  Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Content Marketing untuk Bisnis

Menyamakan visi dan misi ini tentu dapat membantu Anda dan teman Anda menjadi lebih kompak dan lebih mudah dalam hal pengambilan keputusan.

Transparan dan Percaya

Jangan biarkan krisis kepercayaan menimpa Anda dan teman Anda karena itu bisa menjadi risiko terbesar.

Transparansi dalam segala hal dibutuhkan untuk membangun kepercayaan di antara Anda sehingga kedua belah pihak bisa adil.

Terutama masalah laporan operasional mingguan, keuangan, dan banyak hal lainnya.

Jangan egois

Menyatukand ide dari dua individu yang berbeda tentu akan sulit. Maka dari itu, buanglah ego Anda agar bisnisnya bisa baik sesuai dengan rencana.

Prioritaskan minat bersama untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Jika ide Anda memang tidak baik untuk menjalankan bisnis, maka turunkan ego Anda dan gunakan ide-ide terbaik untuk kemajuan bisnis.
Siap menerima risiko 

Diterjemahkan dari laman entrepreneur.com, jika Anda tidak siap mengambil risiko, Anda tidak memiliki bisnis untuk menjadi seorang wirausahawan. Kewirausahaan secara fundamental terkait dengan pengambilan risiko.

Jangan takut untuk mengambil dan menerima risiko. Bersiaplah untuk bertindak dengan berani dalam menerima semua kemungkinan yang dapat terjadi pada bisnis Anda.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Virtual Hotel Operator

Pelajari terlebih dahulu semua konsekuensi yang dapat dihasilkan dari kebijakan Anda dan teman-teman Anda dan tahan bersama, agar tidak berakhir menjadi perselisihan di masa depan.

Baca juga : Peluang Bisnis dengan Angka Persaingan Rendah

Tinggalkan Balasan

keuangan pasangan muda

Tips Cerdas Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda

tips hentikan kebiasaan shoppingmu

Segera Hentikan Kebiasaan Shoppingmu Dengan Tips Berikut!