in

Ini Beberapa Tipe Konsumen & Cara Memikatnya!

konsumen

Dalam dunia bisnis tepatnya dalam pemasaran selain dikenal adanya penyedia barang atau jasa, tentunya dikenal pula konsumen. Perlu diketahui bahwa setiap konsumen memiliki tipe yang berbeda-beda. Oleh karena itu dalam upaya memikatnya pun tentunya dengan cara yang berbeda pula. Penasaran? Simak ulasan PikiranTrader berikut.

1. Tipe Pelanggan Tetap

Untuk tipe yang pertama ialah bertipe pelanggan tetap. Jenis konsumen yang ini adalah jenis pelanggan yang cenderung menjadi grup terkecil bagi sebagian besar bisnis. Namun, mereka adalah faktor terpenting untuk dipertimbangkan dalam usaha pemasaran anda, karena mereka adalah sebuah aset berharga bagi bisnis.

Jadi, bagaimana anda mendapatkan pelanggan ini di dalam bisnis anda? Kuncinya adalah memikatnya lewat personalisasi. Sifat konsumen ini umumnya ingin merasa dihargai. Oleh karena itu memberikan perhatian individual adalah salah satu cara paling efektif untuk melakukan hal ini. Jika anda berhasil memikat pelanggan tetap ini, pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas mereka dan mendorong pembelian berulang.

Baca juga : 5 Kepribadian yang Wajib Dimiliki Pengusaha Untuk Menarik Investor

Baca Juga  8 Cara Menjadi Selebgram

2. Tipe Impuls

Selanjutnya tipe konsumen impuls, dimana tipe ini merupakan tipe yang gampang-gampang susah dalam memikatnya. Yang perlu anda lakukan ialah meyakinkan mereka dengan rasa optimisme akan produk atau jasa anda. Anda dapat melakukan kampanye pemasaran yang positif yang diarahkan untuk membuat orang merasa hebat dengan produk anda. Karena pada dasarnya setiap konsumen berpotensi menjadi tipe pelanggan impuls, yaitu ketika seseorang telah merasa positif dan yakin maka mereka pun cenderung melakukan pembelian impulsif.

3. Tipe Pemburu Harga Murah

Tipe yang ketiga ini lebih dikenal sebagai konsumen diskonan, dimana tipe jenis ini cenderung didorong oleh faktor penghematan. Kelompok tipe ini terdiri dari orang-orang yang mungkin tidak akan mau membayar Rp 100 ribu untuk suatu barang jika harganya normal. Namun mereka tak segan untuk  membayar dengan jumlah yang sama untuk barang yang sama, jika mereka melihat embel-embel diskon atau potongan harga. Untuk mendapatkan pelanggan tipe ini tentunya anda harus pintar-pintar mempromosikan produk anda semenarik mungkin.

Baca Juga  Jika IHSG Anjlok 5 Persen, BEI Hentikan Trading

Baca juga : Memulai Bisnis Kerajinan Tangan? Simak Tips Jitu Berikut!

Itulah beberapa tipe konsumen dan cara memikatnya. Pastikan anda melakukan teknik pemasaran yang tepat kepada setiap tipe konsumen. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Menkeu berikan anggaran pendidikan dari APBN sebesar 20 persen

Anggaran Pendidikan 2019 492,5 T, Berikut Rinciannya

kesalahan memilih tempat usaha

Awas! Ini Kesalahan Umum Dalam Memilih Tempat Usaha (Part 1)