in

Mengenal Psikologi Marketing

Salah satu tugas penting dari pemasar atau marketer adalah untuk mengetahui dan memahami calon pembeli. Pemahaman tersebut harus sampai pada taraf memahami proses dan alasan mereka mengambil tindakan. Jadi, sebelum menyusun strategi pemasaran, penting untuk kita mengenal psikologi marketing.

Psikologi marketing dapat diartikan pemahaman soal motif-motif yang memengaruhi emosi. Psikologi marketing juga mempelajari hal-hal yang memengaruhi tindakan pasar. Mempelajari psikologi pasar dapat membantu untuk mengoptimalkan fungsi pemasaran.

Baca juga: Ingin Menjadi Marketing Handal? Lakukan 5 Tips Berikut!!

Berikut merupakan trik psikologi marketing yang dapat anda coba:

Bantu Customer menghindari “Action Paralysis

Pendekatan yang ditawarkan akan memengaruhi aksi yang diambil oleh konsumen. Sebelum konsumen membeli produk atau jasa, mereka biasanya mendapatkan bermacam-macam penawaran. Sebagai contoh,  uji coba gratis sebelum mendaftar atau tidak ada biaya pendaftaran pada bulan pertama. Dari penawaran tersebut, jika anda amati, maksud dari kedua penawaran tersebut sama. Namun, penawaran ke dua terdengar lebih lunak. Kemungkinan pelanggan mendaftar juga akan lebih tinggi.  Selain itu, anda juga bisa menambahkan subteks seperti batalkan kapan saja atau akses penuh terhadap fitur premium. Pemberian subteks akan meningkatkan minat pelanggan.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Penjualan dengan Teknik Perceived Value (Part 2)

Hierarki Label untuk Konsumen

Buatlah konsumen mearasa istimewa. Dengan begitu, mereka akan menawarkan produk atau jasa yang anda tawarkan kepada orang-orang disekitar mereka. Pemberian rekomendasi ini akan meningkatkan pemasaran produk secara drastis. Anda bisa memberikan tingkatan label, barang atau lencana digital berdasarkan lamanya konsumen menggunakan produk.

Memberikan Urgensi yang tepat

Orang-orang biasanya memblokir informasi penting ketika mereka tidak merasa informasi awal cukup menarik. Sehingga anda harus menekankan firtur-fitur unik dari produk anda. Anda juga bisa memaparkan kemungkinan kerugian jika konsumen tidak memilih produk anda. Cobalah untuk menghindari urgensi yang berisi kata-kata klise. Buatlah urgensi dengan spesifik.

Tujukan Tujuan Perusahaan

Tunjukan tujuan utama produk atau perusahaan. Contohnya, amal bagi anak-anak penderita kanker. Hal tersebut akan membantu meningkatkan minat pelanggan. Teknik ini akan sangat membantu meningkatkan conversion rate.

Setelah mengenal strategi marketing tersebut anda dapat mencobanya. Pastikan anda tidak melewatkan poin-poin tersebut.

Tinggalkan Balasan

Harga tiket pesawat turun

Harga Tiket Pesawat Turun, Beli pada 3 Hari ini untuk Harga yang Murah

Kompetensi untuk bersiap di industri 4.0

Milenial Wajib Kuasai Kompetensi Berikut Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0