in

Kiat Sukses Memulai Usaha Percetakan

usaha percetakan

Diera yang serba digital seperti saat ini kebutuhan akan jasa percetakan tentunya masih menjadi pilihan masyarakat luas. Oleh karena itu peluang usaha Percetakan masih sangat menjanjikan. Berminat mencoba usaha yang satu ini? Simak ulasan PikiranTrader berikut.

1. Pahami Bagaimana Proses Produksi Percetakan

Dalam dunia usaha apapun pemilik usaha diharuskan untuk mengetahui bagaimana seluk beluk usaha yang dijalankannya, tak terkecuali dalam usaha percetakan. Anda harus mengerti dan faham betul bagaimana sebenarnya proses produksi cetak berlangsung. Pasalnya proses ini tidak bisa semata-mata anda hafalkan, melainkan dengan praktek juga. Hal ini akan sangat penting untuk nantinya mengoperasikan peralatan cetak. Anda dapat belajar dari berbagai macam sumber tentang dunia percetakan seperti buku, internet, ataupun kepada pemilik usaha serupa.

2. Perbanyak Relasi Dibidang Percetakan

Poin kedua ialah anda harus memperbanyak relasi anda, khususnya dalam dunia percetakan ini. Tidak sedikit orang yang menggeluti usaha percetakan menganggap bahwa vendor lain adalah pesaing. Padahal hal inipun tak sepenuhnya benar. Sebagai pemula dalam bidang percetakan, anda tentunya memerlukan banyak ilmu tentang dunia percetakan. Oleh karena itu jangan ragu untuk menjalin relasi sebanyak-banyaknya kepada ahlinya. Jalinlah kerja sama yang baik dengan vendor yang telah berhasil menjalankan bisnis ini, supaya kamu memiliki gambaran yang lebih luas tentang percetakan.

Baca Juga  Pertanyaan Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Baru

Selain itu juga jangan ragu untuk menjalin relasi dengan orang-orang yang nantinya akan berpengaruh kepada usaha anda. Seperti misalnya kepada penjual kertas cetak, ataupun penjual tinta cetak. Dengan begitu anda akan semakin faham tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia percetakan, serta memperluas chanel yang nantinya akan menjadi suplayer kebutuhan percetakan anda.

Baca juga: Ingin Membuka Usaha Warkop? Cermati Hal-hal Berikut!

3. Buat Rancangan Usaha

Selanjutnya ialah adanya suatu rancangan dalam usaha anda. Hal inipun tak kalah pentingnya mengingat usaha yang akan anda jalankan tentunya akan mengacu pada strategi yang sudah anda buat sebelumnya. Lakukan dengan se efisien mungkin, misalnya membuat skema, peta atau cabang pohon. Tulis segala informasi yang kamu miliki, mulai dari jumlah modal, biaya untuk berbelanja kebutuhan awal, biaya transportasi dan operasional, hingga biaya sampingan ataupun biaya tak terduga.

Dalam perancangan inipun jangan melupakan untuk menyertakan pula kisaran keuntungan harian, lama waktu yang dibutuhkan hingga modal kembali, juga strategi yang akan anda jalankan, mulai dari promosi hingga inovasi yang bisa menjadi nilai jual yang lebih baik dari pesaing anda.

Baca Juga  Richard Branson: 5 Rahasia Memulai Bisnis

4. Pilih Tempat Strategis

Rancangan telah matang, selanjutnya ialah memulai usaha anda. Tentunya dalam usaha percetakan ini anda harus memiliki tempat yang strategis. Anda dapat memilih tempt yang berlokasi didekat pusat-pusat industry maupun lembaga-lembaga penting seperti sekolah, pemerintahan, kampus dan lainnya. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut disinyalir akan lebih mudah untuk diakses para calon pelanggan anda. Kebutuhan akan media promosi ditempat-tempat seperti itupun tentunya akan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu pemilihan lokasi ini sangat penting untuk anda pertimbangkan dengan baik.

Baca juga: Tips Jitu Memulai Bisnis Batik

Tinggalkan Balasan

Financial freedom

Financial Freedom: Buatlah Uang Menjamin Hidupmu

Sumber modal pebisnis

Kiat Sukses Memulai Usaha Percetakan (Part 2)