in

Kiat Sukses Memulai Usaha Percetakan (Part 2)

Sumber modal pebisnis

5. Cerdas Saat Promosi

Ketika anda telah menguasai ilmu tentang percetakan, memiliki rancangan yang matang dan tempat yang strategis, tahap selanjutnya tentunya adalah memulai usaha anda. Untuk dapat dikenal tentunya setiap usaha memerlukan kegiatan promosi. Semakin baik promosi anda, secara otomatis calon pelanggan andapun akan semakin luas. Dalam kegiatan promosipun tentunya jangan melupakan untuk menggunakan jalur online seperti media sosial.

Sebagai generasi melenial anda tentunya memiliki akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, maka jangan ragu untuk memanfaatkan media sosial anda. Jika anda tidak mau akun pribadi anda terganggu karena digunakan untuk promosi, anda bisa membuat akun khusus untuk usaha percetakan anda. Anda bisa menggunakan Facebook Ads atau Google Ads. Keduanya disinyalir mampu menciptakan calon pelanggan potensial baru tanpa perlu menghabiskan banyak waktu, tenaga dan tentu saja biaya. Buat konten semenarik mungkin. Anda bisa belajar banyak mengenai content marketing berikut visual yang mengundang rasa penasaran calon pelanggan untuk mencari tahu lebih lanjut tentang usaha anda.

Baca Juga  Kontribusi Perempuan melalui E-Commerce

6. Hindari Menolak Orderan

Jangan sampai usaha dan biaya yang sudah anda keluarkan untuk merintis usaha percetakan ini sia-sia karena anda terlalu pilih-pilih dalam menerima order. Saat memulai usaha ini jangan melihat orderan kecil, sehingga anda menolaknya. Menolak order hanya akan membuat anda kehilangan kesempatan untuk menambah pelanggan anda dikemudian hari.

Baca juga : Kiat Sukses Memulai Usaha Percetakan

7. Pertahankan Kualitas

Meski order yang anda terima terbilang kecil dan tidak mendatangkan angka keuntungan yang besar, anda tetap tidak boleh menyepelekan dan harus mengerjakannya dengan semaksimal mungkin. Berapapun besarnya, kualitas akan tetap harus dijaga, karena ini menunjukkan kredibilitas dan profesionalitas anda sebagai pemilik usaha ini. Kerjakan segala orderan yang telah masuk dengan sebaik mungkin. Hal ini sangat penting untuk mengambil kepercayaan konsumen, atas jasa yang anda tawarkan.

Dengan tetap berpegang pada kualitas maksimal untuk setiap proyek yang anda garap, pelanggan akan puas dengan hasil yang mereka dapatkan. Mereka inilah yang berpotensi menjadi pelanggan setia, yang tanpa kamu sadari akan mendatangkan lebih banyak calon pelanggan potensial melalui promosinya secara langsung kepada rekan kerjanya, tetangganya dan yang lainnya.

Baca Juga  Yuk Mengenal Industri Kecantikan di Era 4.0!

8. Tidak Mudah Putus Asa

Dalam merintis usaha tidak selamanya usaha akan terus berjalan dengan lancar, begitupula dengan usaha percetakan anda. Ada kalanya anda mengalami hambatan atau kendala yang berujung pada kerugian. Inilah risiko terbesar menjadi pengusaha, yaitu anda harus siap untuk menghadapi keadaan terburuk yang bahkan tidak diketahui kapan dan bagaimana datangnya.

Inilah mengapa setiap pengusaha diharuskan untuk memiliki mental sekeras baja, pantang menyerah, dan tidak mudah putus asa. Ancaman kerugian bisa terjadi kapan saja, sehingga anda perlu kuat menghadapinya untuk bisa menentukan strategi apa yang menjadi pilihan supaya anda bisa segera menemukan solusi dan jalan keluar.

Baca juga : Opsi Peluang Usaha di Desa dengan Prospek yang Cemerlang

Itulah beberapa kiat sukses PikiranTrader untuk anda yang hendak memulai usaha percetakan. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

usaha percetakan

Kiat Sukses Memulai Usaha Percetakan

tips agar Keuangan selalu stabil

10 Rekomendasi Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Keuangan Anda Stabil (Part 2)