in

Mari Berkenalan dengan Co-working Space Indonesia

Co-working Space diartikan sebagai ruang kerja baru yang memungkinkan pekerja untuk bekerja dengan orang dari perusahaan lain. Co-working space mengedepankan konsep berbagi. Co-working space Indonesia juga mulai bermunculan.

Di dalam satu ruangan co-working Space, kita dapat menemukan berbagai individu, perusahaan, maupun komunitas. Orang-orang tersebut biasanya berasal dari start-up. Di dalam satu Coworking Space biasanya terdapat satu ruangan terbuka dan beberapa ruangan kecil. Ruangan-ruangan kecil tersebut dapat disewa oleh individu atau komunitas.

Baca juga: Pro dan Kontra Bekerja di Perusahaan Startup

Fenomena Coworking Space di Indonesia

Industri co-working space telah tumbuh sekitar 15% di Asia, pada 2017. Pada tahun 2010, co-working space pertama Indonesia lahir di Bandung. Co-working space pertama tersebut bernama Hackerspace. Hackerspace diinisiasi oleh Forum Anak Bandung (FOWAB).

Tingginya peminat Hackerspace, memicu kemunculan co-working space di kota-kota besar Indonesia. Banyak penggiat Industri yang memandang peluang pertumbuhan co-working space Indonesia masih besar. Co-working space dipandang dapat menjadi solusi dari mahalnya biaya menyewa gedung perkantoran.

Baca Juga  Cara Youtuber ¬†Mendapatkan Pengahasilan

Hampir setiap kota besar, seperti Bali, Makasar, Yogyakarta, telah memiliki co-working space. Banyaknya kemunculan start-up juga menjadi salah satu faktor meningkatnya kemunculan co-working space di seluruh Indonesia.

Fasilitas Co-working Space

Penyedia Co-working space menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk bisnis. Selain bisnis, mereka juga menyediakan koneksi internet dan meeting room untuk bertemu klien dan diskusi tim. Penyedia co-working space biasanya juga menyediakan minuman seperti teh, kopi, maupun air mineral.

Pengguna akan juga disediakan resepsionis yang professional. Sehingga, mereka tidak perlu menghawatirkan surat-surat ataupun paket yang akan masuk. Beberapa penyedia co-working space juga menyediakan alamat virtual untuk keperluan legalitas.

Co-working space dapat menjadi solusi bagi pekerja yang ingin menekan biaya administrasi mereka. Co-working space biasanya digunakan oleh start-up, bisnis UMKM ataupun pekerja freelance.  Selain itu, pekerja konvensional pun dapat menggunakan co-working space untuk keperluan kerjasama bisnis. Mereka juga dapat menemukan partner yang sedang mereka butuhkan diantara para pengguna co-working space.

Tinggalkan Balasan

kebebasan finansial

Terapkan 7 Langkah Ini Agar Bisa Raih Kebebasan Finansial

Keuntungan menggunakan Akun Demo

Keuntungan Menggunakan Akun Demo dalam Forex Trading