in

Mari Berkenalan dengan Co-working Space Indonesia

Co-working Space diartikan sebagai ruang kerja baru yang memungkinkan pekerja untuk bekerja dengan orang dari perusahaan lain. Co-working space mengedepankan konsep berbagi. Co-working space Indonesia juga mulai bermunculan.

Di dalam satu ruangan co-working Space, kita dapat menemukan berbagai individu, perusahaan, maupun komunitas. Orang-orang tersebut biasanya berasal dari start-up. Di dalam satu Coworking Space biasanya terdapat satu ruangan terbuka dan beberapa ruangan kecil. Ruangan-ruangan kecil tersebut dapat disewa oleh individu atau komunitas.

Baca juga: Pro dan Kontra Bekerja di Perusahaan Startup

Fenomena Coworking Space di Indonesia

Industri co-working space telah tumbuh sekitar 15% di Asia, pada 2017. Pada tahun 2010, co-working space pertama Indonesia lahir di Bandung. Co-working space pertama tersebut bernama Hackerspace. Hackerspace diinisiasi oleh Forum Anak Bandung (FOWAB).

Tingginya peminat Hackerspace, memicu kemunculan co-working space di kota-kota besar Indonesia. Banyak penggiat Industri yang memandang peluang pertumbuhan co-working space Indonesia masih besar. Co-working space dipandang dapat menjadi solusi dari mahalnya biaya menyewa gedung perkantoran.

Baca Juga  Menghimpun Dana Lewat Crowdfunding, Pilih Jenis yang Tepat sesuai Tujuan!

Hampir setiap kota besar, seperti Bali, Makasar, Yogyakarta, telah memiliki co-working space. Banyaknya kemunculan start-up juga menjadi salah satu faktor meningkatnya kemunculan co-working space di seluruh Indonesia.

Fasilitas Co-working Space

Penyedia Co-working space menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk bisnis. Selain bisnis, mereka juga menyediakan koneksi internet dan meeting room untuk bertemu klien dan diskusi tim. Penyedia co-working space biasanya juga menyediakan minuman seperti teh, kopi, maupun air mineral.

Pengguna akan juga disediakan resepsionis yang professional. Sehingga, mereka tidak perlu menghawatirkan surat-surat ataupun paket yang akan masuk. Beberapa penyedia co-working space juga menyediakan alamat virtual untuk keperluan legalitas.

Co-working space dapat menjadi solusi bagi pekerja yang ingin menekan biaya administrasi mereka. Co-working space biasanya digunakan oleh start-up, bisnis UMKM ataupun pekerja freelance.  Selain itu, pekerja konvensional pun dapat menggunakan co-working space untuk keperluan kerjasama bisnis. Mereka juga dapat menemukan partner yang sedang mereka butuhkan diantara para pengguna co-working space.

Tinggalkan Balasan

kebebasan finansial

Terapkan 7 Langkah Ini Agar Bisa Raih Kebebasan Finansial

Keuntungan menggunakan Akun Demo

Keuntungan Menggunakan Akun Demo dalam Forex Trading