in

Memulai Bisnis Laundry? Kenali Beberapa Kendala Berikut Ini

bisnis laundry
https://www.freshcleanlaundromat.com/how-long-it-takes-to-do-laundry-at-the-laundromat/

Salah satu jenis bisnis yang seolah tak ada matinya dan hingga kini masih eksis di masyarakat ialah bisnis laundry. Walaupun sudah eksis sejak lama, peluang bisnis laundry ini terbilag masih sangat menjanjikan. Ya, pelaku bisnis inipun dengan sangat mudah untuk ditemukan, terkhusus di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan dikota-kota besar banyak orang yang tak memiliki waktu atau sekadar tak mau repot untuk mencuci pakaian mereka. Inilah yang membuat bisnis ini masih menjanjikan hingga sekarang. Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ini? Eits..tunggu dulu, sebelum anda terjun dalam bisnis ini ada baiknya anda mengetahui 5 kendala dalam bisnis laundry ini. Penasaran apa saja? Simak ulasan PikiranTrader berikut;

1. Kompetitor

Kendala dalam berbisnis laundry yang pertama ialah kompetitor. Ya, seperti yang telah disinggung diatas bahwa kompetitor dalam bisnis ini sangatlah bayak, mengingat usaha laundry memang sudah eksis sejak dulu. Lalu bagaimana solusinya? Hal yang perlu anda ingat ialah dalam setiap bisis tentunya memiliki kompetitor, oleh karena itu bagi anda yang baru mencoba bisnis ini jangan keburu minder.

Baca Juga  Manfaat SEO untuk Bisnis Online yang Harus Anda Ketahui

Baca juga: 3 Cara Sederhana Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Dengan adanya kompetitor tersebut, justru anda dapat menjadikan acuan untuk lebih meningkatkan layanan dan kualitas bisnis laundry anda. Putar otak anda untuk meningkatkan daya saing bisnis anda. Misalnya saja anda dapat menarik pelanggan dengan memberikan potongan harga, memberikan opsi pewangi pakaian berbeda dengan pelaku usaha laundry lain, ataupun menawarkan layanan antar jemput.

2. Semakin Murahnya Harga Mesin Cuci

Seperti yang kita tahu semakin bayakya produsen mesin cuci yang berlomba-lomba menawarkan produknya dengan harga yang murah. Lalu apakah dampaknya? Dengan harga yang murah, tentunya membuat hampir semua rumah kini memiliki mesin cuci sendiri. Bagaimana dengan anda yang hendak terjun dalam jasa laundry ini? Tenang, jasa laundry biasanya tak hanya menawarkan jasa mencuci saja, melainkan juga setrika. Poin inilah yang menjadi kelebihan dari usaha yang satu ini. Hal ini juga yang membuat banyak orang memilih untuk mengirimkan pakaian kotor mereka ke jasa laundry ketimbang mencuci dan menyetrikanya sendiri.

Baca Juga  Keuntungan Bekerja di Co-working Space untuk Startup

3. Biaya Perawatan yang Tak Murah

Dalam menjalankan bisnis ini tentunya anda sadar bahwa pemakaia mesin sangatlah vital. Mesin cuci, mesin pengering, dan setrika tetunya akan dipakai setiap hari bukan? Dan saat mesin tersebut digunakan sevara rutin dan terus-menerus, resiko kerusakan pun tentunya juga semakin besar. Untuk biaya service itupun dapat dikategorikan tak murah. Oleh sebab itu sebelum anda benar-benar terjun adalam bisnis ini, ada baiknya anda mempelajari cara memperbaiki mesin cuci, mesin pengering, dan setrika. Dengan begitu, ketika terjadi kerusakan yang tak terlalu parah, anda bisa memperbaikinya sendiri.

Baca juga: Peluang Bisnis Menguntungkan di Bulan Kemerdekaan

4. Pelanggan yang Ingin Serba Cepat

Kendala ke-4 saat anda membuka bisnis laundry ini ialah pelanggan. Pelanggan? Ya ada tak salah baca. Setiap pelanggan memiliki karakter masing-masing dan tentunya berbeda-berbeda. Ada yang cukup sabar menunggu cucian, namun ada juga yang ingin pakaiannya cepat selesai. Untuk mencegah hal ini, anda harus cerdas melakukan strategi harga. Untuk harga normal dimana pengerjaan biasanya selesai dalam 3 hari. Sedangkan untuk pelangga anda yang buru-buru, maka jangan ragu untuk menawarkan paket express 1 hari yang tentunya berlaku biaya tambahan.

Baca Juga  Membutuhkan Dana untuk Memulai, Dari Mana Asal Modal Pebisnis? (Part 2)

5. Keterlambatan jadwal pengiriman

Tak jarang usaha laundry yang menawarkan layanan antar jemput, tak sengaja terlambat melakukan pengiriman dari waktu yang telah ditentukan. Tentu saja hal ini harus dihindari sebisa mungkin. Namun apabila situasi dan kondisi membuat anda tak bisa tepat waktu, anda harus tetap profesional. Konfirmasi dan jelaskan kepada pemilik pakaian alasan yang masuk akal, kenapa anda terlambat.

Baca juga: Jenis Cuti & Istirahat Kerja Yang Wajib Anda Ketahui (Part 2)

Itulah beberapa kendala yang nantinya akan anda hadapi saat memulai bisinis laundry. Semoga dengan informasi diatas, dapat membatu dan tentunya dapat menunjang bisnis laundry anda. Selamat berbisnis!

Tinggalkan Balasan

Instagram shopping

Belanja Mudah Melalui Fitur Shopping Milik Intagram

dampak mati listrik agustus 2019

Listrik Padam Serentak, PLN Akan Berikan Kompensasi Kepada Pelanggan