in

Ciri-ciri Broker Nakal yang Harus Dikenali Trader

Ciri-ciri Broker Nakal yang Harus Dikenali Trader

Dengan menjamurnya broker, baik yang lokal maupun internasional, para trader harus harus mengenali ciri-ciri broker nakal. Jangan sampai Anda menyesal karena tertipu oleh broker abal-abal.

Broker nakal ini umumnya disebut broker scam yang cenderung merugikan nasabahnya. Scam yang dimaksudkan adalah broker yang tidak bonafid dan cenderung mencurangi atau menipu para kliennya. Secara kasat mata, sebenarnya ciri-ciri broker nakal ini bisa dikenali, oleh trader pemula sekalipun.

Berikut Ciri-ciri Broker Nakal

1. Requote

Requote adalah perubahan harga yang terjadi saat seorang trader melakukan eksekusi order harga. Kalau situasi ini terjadi ketika pasar sedang hectic, broker yang resmi pun bisa terjadi requote karena harga yang diminta sudah dianggap tidak berlaku. Namun, jika situasi ini terjadi saat kondisi pasar sedang tenang dan terjadi requote, maka broker itu patut Anda curigai.

2. Freeze/Down

Biasa terjadi situasi server yang mendadak hang dan membuat pergerakan chart tiba-tiba berganti ketika terjadi lonjakan harga yang cukup besar dalam pasar. Kalau situasi ini terjadi secara global, bisa disebut biasa. Namun, ketika mendapati hal itu hanya terjadi di broker Anda saja, maka hal ini tidak wajar. Bisa jadi, hal itu tanda tanda kalau broker Anda masuk dalam kriteria scam.

Baca Juga  3 Broker Forex Yang Memberikan No Deposit Bonus 2019

3. Stop Loss Hunter

Pernahkah Anda menemui adanya spike panjang dalam sebuah market yang kondisinya tidak terlalu ramai? Kalau pernah mengalaminya, maka berhati-hatilah, karena bisa jadi broker Anda malah mengejar stop loss saja. Tujuannya tentu membuat klien merugi, dan mereka mendapatkan keuntungan.

Skenarionya, trader dihadapkan dengan situasi dealing bukannya dengan bursa. Maksudnya, di saat seorang trader mengeksekusi sebuah harga, yang terjadi adalah saat trader itu melakukan open posisi buy atau sell, yang dilakukan dealing adalah melakukan posisi sebaliknya. Jadi, kalau Anda loss, maka itu adalah keuntungan buat broker tersebut. Sebaliknya kalau Anda profit, maka mereka yang merugi. Salah satu taktik yang dilakukan broker tersebut adalah menciptakan situasi agar klien stop loss, caranya dengan spike panjang yang menjemput stop loss.

4. Manipulasi Harga

Apakah Anda pernah memperhatikan spread? Kadang hal itu tak terlalu penting bagi trader, karena banyak broker yang sudah menerapkan fix spread dengan angka yang cukup kecil. Biasanya hal ini menjadi salah satu daya tarik klien dalam memilih broker dengan spread kecil.

Baca Juga  REVIEW BROKER: Juno Markets (Juno Markets Ltd)

Namun demikian, di saat trader berada pada arah yang benar dan memperoleh profit, kebanyakan broker scam memperlambat eksekusinya. Tentu saja, hal ini bisa mempengaruhi proses trading menjdi sedikit lebih lebar dari yang seharusnya. Selisih itu yang dijadikan sebagai keuntungan broker.

Bersambung..

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 28 Februari 2020

Ciri-ciri Broker Nakal yang Harus Dikenali Trader (2)

Ciri-ciri Broker Nakal yang Harus Dikenali Trader (2)