in

Ingin Kaya Lewat Saham, Begini Trik Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Ingin Kaya Lewat Saham, Begini Trik Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik
Gedung perusahaan sekuritas (C) SHUTTERSTOCK

Apakah Anda ingin kaya lewat saham sebagai salah satu pilihan untuk menginvestasikan uang? Yang pertama harus diperhatikan adalah trik memilih perusahaan sekuritas terbaik yang dapat menghasilkan keuntungan bagi Anda.

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang membantu menghubungkan Anda dengan bursa saham. Mungkin sebagai pemula Anda belum memahami mana perusahaan sekuritas yang berpotensi mendatangkan keuntungan. Artinya, keuntungan atau kerugian, salah satunya juga ditentukan oleh keputusan Anda memilih perusahaan sekuritas yang tepat.

Kadang, ada saja perusahaan sekuritas yang mengklaim sebagai yang terbaik, padahal abal-abal. Agar tak terjebak oleh perusahaan sekuritas model seperti itu, sebaiknya Anda perhatian tujuh trik memilih perusahaan sekuritas terbaik berikut.

Inilah Ciri-ciri Perusahaan Sekuritas Terbaik yang Berpotensi Membuat Anda Kaya

1. Sudah Terdaftar di BEI dan OJK

Untuk memastikan perusahaan sekuritas yang Anda pilih tak ada masalah adalah legalitasnya. Perusahaan sekuritas tersebut harus sudah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Perusahaan sekuritas yang legal tentu sudah menjadi anggota BEI dan mendapatkan izin dari OJK. Terdaftarnya perusahaan sekuritas di dalam kedua badan tersebut menjadi indikator bahwa perusahaan sekuritas tersebut layak dipakai jasanya untuk bertrading saham.

Bukti perusahaan itu sudah terdaftar adalah kepemilikan sertifikat pialang. Anda bisa menelusurinya melalui website idx.com, perusahaan mana saja yang sudah terdaftar. Jika belum terdaftar, Anda layak mengurungkan niat untuk bertrading di perusahaan sekuritas tersebut.

Baca Juga  Keuntungan Trading di Broker XM

2. Cari Tahu Rekam Jejaknya

Cari tahu rekam jejak perusahaan sekuritas itu sebelum memilihnya. Pastikan perusahaan itu mempunyai rekam jejak performa yang baik.

BEI sebagai otoritas kerap melayangkan teguran kepada sejumlah perusahaan sekuritas, tanpa pandang bulu. Bahkan, ada pula sekuritas milik bank-bank dan paling terpercaya di negeri ini saja pernah mendapatkan teguran tersebut.

Rekam jejak itu dapat Anda telusuri melalui mesin pencarian Google dengan kata kunci ‘kasus sekuritas’. Pasti ada saja rekam jejak digital berupa artikel review atau berita tentang rekam jejak sebuah perusahaan sekuritas. Tapi ingat, sekuritas yang jarang atau bahkn tak pernah tersentuh Google bukan berarti bagus, bisa saja memang tak terkenal.

3. Terjangkaunya Biaya Admin dan Setoran Awal

Jarang sekali perusahaan sekuritas yang membebaskan biaya admin dan setoran awal. Karenanya, yang bisa Anda lakukan adalah mencari sekuritas yang biaya adminnya terjangkau dan setoran awalnya kecil/terjangkau.

Yang sering tak disadari adalah adanya biaya-biaya ini sudah termasuk dalam transaksi efek yang dilakukan. Misal, setiap kali melakukan transaksi, maka selalu ada komisi untuk perusahaan sekuritas. Besaran komisi berbeda-beda, tergantung kebijakan perusahaan tersebut. Biaya admin untuk transaksi Jual dan Beli pun beda. Biasanya untuk komisi Jual akan lebih besar 0,1 persen dari transaksi Beli.

Baca Juga  Daftar Alamat Kantor Broker di Surabaya (2)

Perhatikan pula batas setoran awal yang harus disetorkan kepada perusahaan sekuritas. Ada yang cuma minta setoran awal Rp100.000, bahkan ada pula yang meminta setoran Rp5.000.000. Yang perlu diingat di sini, setoran awal yang lebih besar bukanlah jaminan sekuritas itu lebih bagus. Semuanya punya nilai plus minus masing-masing.

4. Cara Daftar dan Transaksinya Sederhana

Aturan untuk mendaftar sebagai nasabah di tiap perusahaan sekuritas berbeda-beda. Pastikan Anda memilih sekuritas yang menerapkan aturan yang sederhana alias tidak rumit.

Ada saja perusahaan sekuritas yang sengaja membuat proses pendaftaran rumit, dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Memang, dengan begini keamanan bisa saja lebih terjamin, karena tak sembarang orang bisa menjadi nasabah.

Biasanya, sekuritas anyar yang sedang promosi lebih memberikan kelonggaran untuk calon nasabah baru. Yang terpenting, sekuritas tersebut dapat memberikan jaminan bagi para nasabahnya. Apa artinya mudah mendaftar jika tak da jaminan sebagai nasabah.

5. Tersedia Platform/Aplikasi Handal

Di era teknologi seperti sekarang ini, sudah menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan sekuritas menyediakan fasilits terbaik untuk nasabahnya. Salah satunya adalah platform/aplikasi yang handal.

Perusahaan sekuritas yang melayani nasabahnya secara online, akan lebih banyak menarik minat calon nasabah. Apalagi jika aplikasi itu bisa diunduh secara gratis dengan mudah.

Selain itu, syarat apliksi yang memudahkan nasabah itu adalah aplikasi yang user friendly. Percuma saja jika aplikasinya bisa diunduh gratis tapi tidak ramah pengguna, lemot misalnya.

Baca Juga  BNI Sekuritas, Salah Satu Perusahaan Sekuritas Terbaik

6. Menyediakan Analis Cerdas

Perusahaan sekuritas yang menyediakan analis cerdas bisa jadi pertimbangan bagi Anda. Keberadaan analis tersebut akan sangat membantu dalam proses trading nantinya.

Tugas analis itu bisanya menjadi nara sumber di media atau sebuah event yang berkaitan dengan sekuritas maupun saham. Biasanya mereka punya pendapat bagus dan masuk akal yang bisa menjadi pedoman bagi Anda.

Secara logika, sebagai pemilik dana, Anda harus memercayakan uang itu kepada pihak (analis) yang kerdibel dan profesional. Sekuritas yang tidak kompeten tentu tak akan membahayakan bagi uang yang Anda miliki.

7. Yang Tak Pelit Ilmu

Pilihlah sekuritas yang tak pelit ilmu, terutama jika Anda seorang pemula. Sekuritas yang royal berbagi ilmu mengenai tradingkan tentunya patut Anda pertimbangkan.

Ilmu yang dibagikan secara cuma-cuma itu seharusnya membantu Anda sebagai nasabah. Dengan mendapatkan pasokan ilmu secara gratis itu, Anda tak perlu mengambil kelas khusus untuk belajar trading.

Ilmu-ilmu gratis itu biasanya dibagikan melalui akun media sosialnya. Aktivitas di sosual media dari sekuritas tersebut juga bisa Anda pertimbangan. Sekuritas yang media sosalnya tidak aktif, jarang bahkan tidak pernah update, kalau ditanya tidak merespon, tinggalkan saja.

Selamat mencoba!

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 30 April 2020

Cara Menjadikan Perusahaan Sekuritas Terbaik

Cara Menjadikan Perusahaan Sekuritas Terbaik