in

Ekonomi Syariah, Pengertian dan Contohnya

Pengertian Ekonomi Syariah dan Contohnya
Pengertian Ekonomi Syariah dan Contohnya (C) REPUBLIKA

Ekonomi syariah dewasa ini digadang-gadang sebagai produk ekonomi yang lebih Islami. Lalu, apa sih pengertian dan contoh-contohnya?

Makna ekonomi syariah adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi kerakyatan yang diilhami oleh nilai-nilai dan ajaran agama Islam. Ekonomi yang sistemnya mirip dengan sistem ekonomi koprasi ini diklaim tak sepaham dengan kapitalisme, sosialisme, maupun negara kesejahteraan (Welfare State).

Berbeda dari sistem kapitalisme, sistem ekonomi yang disebut pula sistem ekonomi Islam ini sangat menentang adanya eksploitasi oleh pemilik modal (pengusaha) terhadap buruh yang miskin. Sistem ekonomi ini juga melarang pengusaha melakukan penumpukan kekayaan.

Selain itu, sistem ekonomi Islam ini diklaim sebagai tuntunan kehidupan, sekaligus anjuran yang memiliki dimensi ibadah. Hal ini biasanya teraplikasi dalam etika dan moral syariah Islam.

Contoh Ekonomi Syariah

Banyak contoh ekonomi syariah yang bisa dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan. Contoh-contoh itu sebenarnya sudah sering ditemui dalam keseharian.

Contoh-contoh berikut ini kebanyakan menggunakan kosa kata dalam Bahasa Arab. Wajar, karena istilah-istilah itu memang banyak diambil dari negara lahirnya agama Islam tersebut.

Baca Juga  Ingin Bisnis Tanaman Hias? Berikut Tipsnya

Mulai dari investasi syariah, jual beli syariah, musyarakah, mudarabah, murabahah, ijarah, dan musaqah. Ada pula muzaraah, mukhabarah, mudharabah mutaqah, dan mudarabah muqayyadah.

Anda bisa menyimak makna dan pengertian contoh-contoh di atas dalam artikel selanjutnya. Nantikan saja dengan sabar.

Tinggalkan Balasan

Bermain Cantik dalam Politik Kantor Perlu Strategi, Inilah 5 Cara Ampuhnya!

Jangan Salah! Introvert Juga Mampu Mencari Pekerjaan Sampingan