in

Praktikkan! 5 Cara ini Bisa Menguatkan Nilai Rupiah

Cara yang paling mudah untuk kembali menguatkan nilai rupiah adalah  adalah dengan menghindari membeli produk impor dan berpindah membeli produk asli dalam negeri

Nilai Rupiah masih konsisten dengan keterpurukannya hingga hari ini, Jum’at (20/03/20). Hingga artikel ini diturunkan, nilai rupiah masih di Angka lebih dari Rp 16.000 per Dolar AS.

Pada dasarnya penurunan nilai Rupiah merupakan tanggung jawab pemerintah. Namun sebagai warga negara, kita sebenarnya bisa membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah ini. Berikut adalah lima cara yang bisa kalian lakukan untuk kembali menguatkan nilai rupiah

1.Membeli Produk dalam Negeri 

Cara yang paling mudah untuk kembali menguatkan nilai rupiah adalah  adalah dengan menghindari membeli produk impor dan berpindah membeli produk asli dalam negeri. Anda bisa mengubah pembelian ke produk buatan dalam negeri.

2. Tidak Menimbun Dollar dan Menukarkannya dengan Rupiah

Anda harus yakin dan terus menggunakan Rupiah dan tidak ikut menukarkan ke Dollar yang mana akan memperburuk nilah Rupiah. Cepat atau lambat, nilai mata uang ini akan kembali menguat.

Jika Anda memiliki kemampuan finansial lebih dan biasanya menyimpan Dollar sebagai bagian dari portofolio keuangannya, kondisi saat ini bisa menjadi momentum bagi kalian untuk berperan menyelamatkan perekonomian bangsa dengan cara menukarkan simpanan Dollar kalian menjadi Rupiah. Dollar dijadikan sebagai bagian diversifikasi investasi.

Baca Juga  Rupiah Kembali Menguat di Perdagangan 11/3/2020

3. Berwirausaha dengan Orientasi Ekspor

Pelemahan nilai Rupiah menjadi momen yang tepat bagi Anda yang berjiwa bisnis. Terutama jika Anda memiliki impian untuk menghasilkan produk yang bisa menembus pasar internasional.

Salah satu contoh bisnis yang bisa kalian tekuni adalah kerajinan tangan, di mana kerajinan tangan asli Indonesia sudah dikenal luas di luar negeri.

Nilai tukar Rupiah yang turun membuat harga produk ekspor Indonesia relatif lebih murah dibandingkan dengan produk negara lain. Dengan mengekspor produk kalian maka kalian membantu pemerintah dalam mengumpulkan devisa.

4. Berwisata dan Menikmati Wisata Dalam Negeri

Hal lain yang bisa membantu pemerintah adalah dengan menahan terlebih dahulu keinginan untuk jalan-jalan ke luar negeri serta mendorong pengembagnan sektor pariwisata dalam negeri yang diharapkan dapat mempercepat penerimaan devisa. Destinasi wisata di Indonesia tidak kalah indahnya dengan tempat-tempat di negara lain. Sobat Sikapi dapat memanfaatkan momen ini untuk menikmati Indonesia, yang pada akhirnya mendorong stabilitas kurs dalam jangka pendek.

5. Berinvestasi di Dalam Negeri

Walaupun kurs Rupiah sedang merosot, bukan berarti seluruh investasi menjadi tidak menguntungkan. Kalian dapat tetap berinvestasi aset yang tidak bergantung terhadap kurs Dollar, salah satunya di Surat Utang Negara (SUN).

Baca Juga  2 Faktor yang Mempengaruhi Kenaikan Nilai Rupiah Hari ini

Belum lama, pemerintah Indonesia menerbitkan SUN dengan seri SBR004. SBR004 merupakan instrumen investasi yang tepat di tengah penurunan kurs Rupiah saat ini. Bantu pemerintah dengan berinvestasi di instrument investasi dalam negeri seperti membeli ORI atau SBN.

Kelima cara untuk membuat nilai rupiah kembali menguat tersebut adalah hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mendukung Pemerintah dalam meningkatkan nilai tukar Rupiah.

Mari kita tunjukkan rasa nasionalisme dengan menjadi marsyarakat cerdas serta terus mendukung segala kebijakan stabilitas yang dilakukan pemerintah.

rupiah tembus

Astaga, Rupiah Tembus Rp145/JPY!

IHSG merosot

IHSG Merosot 4 Persen, Namun Bisa Kembali ke 4.000