in

5 Pemikiran Tentang Keuangan yang Harus Dimiliki

5 pemikiran tentang keuangan yang harus dimiliki
Photo by Arif Riyanto on Unsplash

Setiap orang pasti memiliki sudut pandang yang berbeda tentang pengaturan keuangan. Akan tetapi jangan sampai pola pikir yang anda miliki bisa membuat anda terperosok ke jurang krisis finansial. Ada baiknya anda sering melakukan diskusi dengan orang lain untuk memperluas cakrawala tentang kehidupan keuangan anda. Berikut adalah 5 pemikiran tentang keuangan yang harus dimiliki yang dilansir dari koinworks.com.

5 Pemikiran Tentang Keuangan yang Harus Dimiliki

  1. Tentukan Target Keuangan Anda. Target keuangan adalah hal yang harus dimiliki seseorang untuk mempermudah melakukan pengaturan keuangan. Jika seseorang tidak memiliki target, orang tersebut memiliki kecenderungan untuk menghamburkan uang mereka. Oleh sebab itu tentukanlah target khusus, baik jangka panjang ataupun jangka pendek, untuk lebih mudah dalam melakukan pengaturan keuangan.
  2. Target Jangka Panjang Adalah Suatu Keharusan. Memiliki target jangka pendek tidaklah salah, akan tetapi anda juga harus menentukan target jangka panjang juga. Sebagai contoh anda ingin memperoleh financial freedom pada umur 40 tahun. Dengan adanya target jangka panjang tersebut, anda bisa lebih mudah untuk mengatur strategi yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut.
  3. Jangan Menyerah Untuk Mendapatkan Uang. Jika anda ingin mempunyai yang cukup, anda harus berusaha lebih keras untuk mendapatkannya. Anda bisa melakukan banyak hal untuk memperolah hal tersebut. Anda bisa melakukan pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di rumah atau meningkatkan skill anda agar bisa memperoleh pekerjaan yang lebih  baik.
  4. Investasikan Uang Anda. Hal yang harus anda ingat tentang keuangan adalah laju inflasi itu pasti terjadi. Oleh karena itu uang yang anda tabung bisa saja berkurang nilainya karena tergerus inflasi. Anda bisa menambah nilai keuangan yang anda tabung dengan melakukan investasi. Hal yang harus diingat dalam berinvestasi adalah pilihlah instrumen investasi sesuai dengan risk tolerance dan kemampuan finansial yang anda miliki.
  5. Jangan Lupa Kewajiban Kepada Orang Lain. Uang yang anda miliki bukanlah sepenuhnya milik anda. Anda bisa melakukan donasi, amal, sedekah dan lain-lain. Lakukan hal tersebut agar anda tidak lupa daratan dan lupa terhadap kewajiban yang anda miliki.
Baca Juga  Emas Masih Menjadi Investasi Primadona Bagi Perempuan
4 tips mengelola keuangan ala Jepang

4 Tips Mengelola Keuangan Ala Jepang

Trik Lebaran Hemat di Tengah Pandemi Covid-19

Trik Lebaran Hemat di Tengah Pandemi Covid-19