in

Pengertian dari Perdagangan Internasional

Pengertian dari Perdagangan Internasional
Photo by Andy Li on Unsplash

Setiap negara yang melakukan kerja sama pasti melakukan perdagangan internasional. Lalu apakah pengertian dari perdagangan internasional yang terjadi pada negara-negara tersebut?

Pengertian dari Perdagangan Internasional

Pengertian dari perdagangan internasional adalah aktivitas tentang kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh dua negera atau lebih. Perdagangan internasional dapat dilakukan oleh negara-negara yang memiliki hubungan perdagangan. Hubungan perdagangan ini diatur sesuai dengan kesepakatan antara kedua negara yang melakukan perdagangan internasional tersebut.

Dilansir dari kompas.com, macam perdagangan internasional ada tiga tipe, yaitu:

  1. Perdagangan Bilateral. Perdagangan bilateral adalah perdagangan yang dilakukan oleh dua negara yang saling bekerja sama. Perdagangan bilateral bisa dilakukan jika kedua negara tersebut memiliki relasi yang baik dan memiliki wakil di negara yang bersangkutan. Indonesia sendiri sudah melakukan perdagangan bilateral kepada 162 negara di seluruh dunia, selain itu Indonesia juga melakukan perdagangan dengan non-self governing territory. Perdagangan bilateral Indonesia dibagi dalam 8 kawasan di seluruh dunia.
  2. Perdagangan Regional. Perdagangan ini dilakukan oleh negara-negara yang ada di zona tertentu. Perdagangan ini biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan di dalam zona tersebut. Hal yang menjadi pemicu terjadinya perdagangan regional antara lain adalah kedekatan wilayah, faktor historis, faktor sumber daya alam, dan faktor teknis. Contoh dari perdagangan regional adalah perdagangan yang dilakukan oleh negara ASEAN, perdagangan negara APEC, dan perdagangan Uni Eropa.
  3. Perdagangan Multilateral. Perdagangan ini adalah perdagangan yang dilakukan oleh dua negara tau lebih tanpa adanya batasan kawasan. Kerja sama ini biasanya dilakukan oleh negara-negara dunia tanpa melihat kawasan dan perkembangan ekonomi suatu negara. Perdagangan multilateral adalah perdagangan dengan prinsip tanpa diskriminasi, bisa diprediksi dan memiliki transparansi. Di Indonesia, perdagangan multilateral sudah dijalankan cukup lama. Salah satu jenis perdagangan multilateral di Indonesia adalah perdagangan pasar moda di bawah payung Bursa Efek Indonesia (BEI). Akan tetapi, untuk bidang komoditi, perdagangan multilateral Indonesia masiah belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari harga komoditi di Indonesia yang masih belum merata.
Baca Juga  Macam Perdagangan Regional Indonesia
Moving Average sebagai Indikator dalam Trading Saham

Moving Average sebagai Indikator dalam Trading Saham

faktor terjadinya perdagangan internasional

5 Faktor Terjadinya Perdagangan Internasional