in

5 Faktor Terjadinya Perdagangan Internasional

faktor terjadinya perdagangan internasional
Photo by Vidar Nordli-Mathisen on Unsplash

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh dua negara atau lebih dengan ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya. Indonesia sudah melakukan perdagangan internasional dengan lebih dari 150 negara di seluruh dunia. Perdagangan internasional pasti terjadi karena adanya alasan tertentu. Selain itu, perdagangan internasional juga memiliki manfaat untuk memenuhi kebutuhan tiap negara. Berikut adalah faktor terjadinya perdagangan internasional.

Faktor Terjadinya Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional terjadi karena baebagai faktor. Dilansir dari kompas, ada 5 faktor yang menyebabkan munculnya perdagangan internasional. Faktor tersebut adalah:

  1. Faktor Pengetahuan dan Teknologi. Semakin tinggi pengetahuan dan teknologi suatu negara, barang yang diciptakan oleh negara tersebut juga makin bagus. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh negara-negara berteknologi tinggi untuk dijual ke negara yang membutuhkan teknologi tersebut. Selain itu, hal ini juga dapat mempersingkat dan mengefisiensikan waktu produksi. Hal ini dikarenakan negara dengan teknologi canggih memiliki waktu produksi yang cenderung lebih cepat sehingga biaya produksi juga makin kecil..
  2. Faktor Sumber Daya Alam. Kondisi geografis tiap negara pasti berbeda-beda. Hal ini menyebabkan sumber daya yang dimiliki tiap negara juga berbeda-beda. Tiap negara akan memproduksi barang yang sesuai dengan sumber daya yang mereka miliki. Oleh karena itu perdagangan internasional dilakukan untuk menutupi kebutuhan akan produk sumber daya yang tidak ada di negara tersebut.
  3. Faktor Gaya Hidup. Jaman sekarang ini, gaya hidup adalah salah satu sumber komoditas yang dibutuhkan oleh banyak orang. Ada orang yang lebih suka membeli baju bermerk buatan luar negeri daripada yang dibuat dalam negeri. Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.
  4. Faktor Ekspansi Pasar. Faktor yang lain adalah adanya ekspansi pasar untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Banyak produsen barang yang mencoba peruntungan untuk menjual barangnya di luar negeri agar keuntungan yang didapatkan makin besar.
  5. Faktor Produksi Suatu Negara. Jika suatu negara membuat barang secara terus menerus, kelebihan produk bisa saja terjadi. Oleh karena itu untuk mengurangi kerugian, barang tersebut diekspor ke negara lain. Pun sebaliknya, jika suatu negara kekurangan produksi suatu barang, negara tersebut bisa melakukan impor terhadap negara yang memiliki surplus barang.
Baca Juga  Jenis dari Perdagangan Internasional
Pengertian dari Perdagangan Internasional

Pengertian dari Perdagangan Internasional

Manfaat Adanya Perdagangan internasional

5 Manfaat Adanya Perdagangan Internasional