in

5 Manfaat Adanya Perdagangan Internasional

Manfaat Adanya Perdagangan internasional
Photo by Tobias Tullius on Unsplash

Perdagangan internasional adalah jenis perdagangan yang dilakukan oleh dua negara atau lebih sesuai dengan prosedur yang disepakati. Perdagangan internasional dilakukan untuk memenuhi kebutuhan barang di setiap negara. Selain itu masih ada manfaat lain dari perdagangan internasional ini. Berikut adalah manfaat adanya perdagangan internasional.

Manfaat Adanya Perdagangan Internasional

Negara-negara yang melakukan perdagangan internasional pasti mendapatkan manfaatnya. Dilansir dari Kompas, manfaat adanya perdagangan internasional antara lain adalah:

  1. Menambah Devisa Negara. Ketika melakukan perdagangan internasional, negara akan mendapatkan keuntungan yang akan memperkuat nilai valuta asing. Nilai devisa bisa ditingkatkan dengan meningkatkan nilai ekspor. Jika nilai ekspor suatu negara makin tinggi, sisi produksi juga meningkat sehingga bisa membuka lahan kerja baru. Selain itu modal yang dikucurkan oleh investor asing juga bisa membantu meningkatkan produksi sehingga devisa negara menjadi meningkat.
  2. Meningkatkan Hubungan Antar Negara. Ketika dua negara melakukan perdagangan, relasi antara kedua negara tersebut juga bisa meningkat. Lebih lagi jika kedua negara saling mengisi kekurangan produksi yang terjadi di negara tersebut. Hubungan bilateral antar negara akan menjadi jauh lebih baik.
  3. Memenuhi Kebutuhan Negara. Jika suatu negara merasa kekuarangan akan suatu barang, sengara tersebut bisa melakukan kerja sama dalam bentuk impor barang. Di sisi lain, jika suatu negara tersebut memiiki jumlah produksi barang yang berlebih, barang tersebut bisa diekspor ke negara yang membutuhkan agar tidak rugi. Dengan adanya ekspor impor, kebutuhan barang di tiap negara bisa terpenuhi.
  4. Memaksimalkan Kegiatan Produksi. Kegiatan produksi bisa dimaksimalkan dengan perdagangan internasional. Suatu negara bisa saja membuat barang yang sama dengan negara lain. Akan tetapi jika harganya lebih murah dengan kualitas yang setara atau lebih baik, ada baiknya negara tersebut melakukan impor untuk memaksimalkan kegiatan produksi.
  5. Memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Ketika suatu negara melakukan perdagangan dengan negara lain yang memiliki teknologi lebih maju, negara tersebut bisa mempelajari teknik agar produksi lebih efisien. Selain itu suatu negara bisa melakukan impor terhadap negara lain yang lebih mau teknologinya. Hal ini dilakukan agar teknologi produksi negara tersebut juga menjadi lebih baik.
Baca Juga  3 Manfaat Melakukan Pelacakan Pengeluaran
faktor terjadinya perdagangan internasional

5 Faktor Terjadinya Perdagangan Internasional

Jenis dari Perdagangan Internasional

Jenis dari Perdagangan Internasional