in

Pengertian Dari Devisa Dalam Perdagangan Internasional

Pengertian dari devisa
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Devisa adalah hal yang sering didengar oleh banyak orang. Akan tetapi masih banyak orang yang tidak tahu pengertian dari devisa tersebut. Artikel ini akan membahas pengertian devisa lebih lanjut.

Pengertian dari devisa menurut ekspektasia adalah valuta asing yang digunakan untuk membiayai perdagangan internasional. Selain itu devisa juga bisa diartikan sebagai mata uang asing yang dimiliki oleh suatu negara sebagai sumber kekayaan.

Devisa biasanya terdiri dari mata uang asing yang diterima di seluruh dunia. Mata uang asing tersebut antara lain adalah dolar Amerika Serikat, dolar Kanada, euro, poundsterling, yen dan lain sebagainya. Selain itu devisa juga bisa diterima dalam bentuk emas dan surat berharga yang bisa ditransaksikan di perdagangan internasional. Emas dalam bentuk batangan adalah emas yang dapat diterima dalam perdagangan internasional. Surat berharga yang bisa digunakan dalam perdagangan adalah Special Drawing Rights, Cable Order, Bill of Exchange (Wesel), dan Traveller Cheque.

Akan tetapi, tidak semua mata uang asing yang ada di Indonesia bisa diseut sebagai devisa. Mata uang asing yang bisa disebut devisa adalah mata uang asing yang beredar di dalam negeri. Selain itu ada kurs resmi yang dicatat di bank sentral Indonesia, yaitu Bank Indonesia (BI).

Baca Juga  4 Fungsi Devisa yang Wajib Diketahui

Indonesia juga memiliki cadangan devisa. Cadangan devisa adalah mata uang asing yang dijadikan cadangan oleh BI untuk melakukan pembayaran yang bersifat internasional. Fungsi lain dari cadangan devisa adalah sebagai barometer perekonomian suatu negara. Jika suatu negara memiliki cadangan devisa yang besar, maka keuangan negara tersebut dinilai lebih stabil. Selain itu, cadangan devisa yang besar juga menandakan ekonomi makro negara tersebut dalam keadaan yang sehat.

Ketika suatu negara memiliki cadangan devisa yang lebih dari cukup, negara tersebut bisa membeli barang-barang dari luar negeri demi memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selain itu cadangan devisa juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran utang luar negeri suatu negara.

Mengenal Weighted Moving Average (WMA) Sebelum Main Saham

Mengenal Weighted Moving Average (WMA) Sebelum Main Saham

4 Fungsi Devisa yang Wajib Diketahui

4 Fungsi Devisa yang Wajib Diketahui