in

4 Fungsi Devisa yang Wajib Diketahui

4 Fungsi Devisa yang Wajib Diketahui
Photo by Jason Leung on Unsplash

Devisa adalah valuta asing yang bisa dipakai dalam perdagangan internasional dan diakui oleh dunia internasional. Valuta sing yang diterima dalam perdagangan internasional antara lain adalah dolar AS, euro, poundsterling, yen, dan lain-lain. Selain itu emas dan surat berharga juga bisa digunakan dalam perdagangan internasional. Lalu apakah sebenarnya fungsi dari devisa tersebut? Berikut adalah 4 fungsi devisa yang wajib diketahui.

4 Fungsi Devisa yang Wajib Diketahui

Setiap negara asti menginginkan cadangan devisa yang cukup. Jika cadangan devisa tersebut lebih dari cukup, maka devisa tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan suatu negara.

Pada dasarnya devisa memiliki fungsi yang sama seperti uang biasa. Akan tetapi devisa bisa digunakan dalam perdagangan internasional untuk mempermudah pembayaran.

Dilansir dari dosenekonomi, ada 4 fungsi devisa yang berguna bagi perekonomian negara. Fungsi tersebut antara lain adalah:

  1. Pembayaran Utang Luar Negeri. Untuk membangun infrastruktur, dana yang dibutuhkan cukuplah besar. Hal ini membuat beberapa negara harus melakukan hutang untuk mencapai target pembangunan negara. Hutang negara tersebut bisa dibayar menggunakan devisa. Devisa bisa diperoleh dari perdagangan internasional yang terjadi antar negara tersebut.
  2. Mata Uang untuk Perdagangan Internasional. Kegiatan ekspor dan impor adalah kegiatan perdagangan internasional yang sering dilakukan. Ekspor dan impor ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan produksi satu negara dan lainnya. Dengan adanya kegiatan ini, cadangan devisa suatu negara bisa terisi. Selain itu devisa juga mempermudah transaksi yang terjadi dalam kegiatan ekspor impor. Devisa digunakan sebagai mata uang yang sah bagi kedua negara untuk mempermudah pembayaran.
  3. Pembayaran Kegiatan Kenegaraan di Luar Negeri. Kegiatan kenegaraan di luar negeri adalah hal yang lumrah dilakukan oleh suatu pemerintahan. Kegiatan ini dilakukan untuk mempererat hubungan antar negara tersebut. Dalam melakukan kegiatan kenegaraan di luar negeri, pembiayaan dilakukan dengan devisa. Selain itu biaya kantor kedutaan Indonesia di luar negeri dan jaminan asuransi juga dibayarkan menggunakan devisa.
  4. Pembangunan Infrastruktur. Pembangunan infrastruktur dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Devisa bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi tersebut. Salah satu cara untuk menambah devisa yang bisa dilakukan adalah menggunakan sektor pariwisata. Setelah itu, devisa yang didapat bisa diinvestasikan ke sektor pariwisata tersebut agar devisa berikutnya yang masuk bisa lebih besar.
Baca Juga  Rupiah Kembali Menguat di Perdagangan 11/3/2020
Pengertian dari devisa

Pengertian Dari Devisa Dalam Perdagangan Internasional

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 23 April 2020