in

Macam Sumber Pendapatan Devisa

sumber pendapatan devisa
Photo by chuttersnap on Unsplash

Devisa adalah alat pembayaran yang digunakan dalam perdagangan internasional. Devisa tidak dapat dibuat sendiri oleh negara tersebut. Untuk memperoleh devisa, suatu negara harus melakukan kegiatan antar negara. Selain itu sumber pendapatan devisa juga tergantung dari neraca pembayaran yang ada pada negara tersebut. Berikut adalah macam sumber pendapatan devisa yang dilansir dari ekspektasia.

Macam Sumber Pendapatan Devisa

  1. Ekspor. Kegiatan ini adalah kegiatan yang menjadi pioner dalam memperoleh pendapatan devisa. Volume ekspor sangat mempengaruhi pendapatan suatu negara. Oleh karena itu, jika suatu pendapatan negara makin tinggi, maka laju devisa suatu megara makin kencang. Hal tersebut juga akan membuat cadangan devisa suatu negara makin besar.
  2. Kegiatan Jasa. Kegiatan jasa ekspor impor, bandara, pelabuhan, dan lain sebagainya juga bisa sebagai sumber pendapatan devisa suatu negara. Hal ini biasanya dilakukan oleh negara yang tidak memiliki sumber daya alam yang banyak.
  3. Pariwisata. Sektor pariwisata juga menajdi salah satu sumber devisa suatu negara. Turis domesti maupun internasional bisa memberikan devisa kepada negara tersebut. Semakin banyak turis yang melakuan perjalanan wisata ke suatu negara, jumlah devisa yang masuk juga akan meningkat.
  4. Bantuan Luar Negeri. Salah satu bantuan luar negeri yang bisa dimasukkan ke cadangan devisa adalah pinjaman luar negeri. Pinjaman luar negeri ini biasanya dilakukan oleh negara berkembang. Pinjaman ini biasanya dialokasikan ke banyak hal seperti penyediaan jasa dan impor. Walaupun pinjaman tersebut harus dikembalikan, devisa negara masih bisa bertambah akibat investasi yang menggunakan pinjaman tersebut.
  5. Hadiah dari Luar Negeri. Hadiah yang diberikan dari negara lain bisa saja digunakan untuk menambah cadangan devisa negara. Hibah tersebut bisa dalam bentuk jasa, tenaga ahli, atau uang. Jika hibah yang diberikan adalah hibah dalam bentuk mata uang asing, cadangan devisa suatu negara juga akan meningkat.
  6. Tenaga Kerja di Luar Negeri. Tenaga kerja yang bekerja di luar negeri juga menyumbangkan devisa kepada negara mereka. Gaji yang dibayarkan kepada mereka dibayarkan dalam bentuk mata uang asing. Jika ingin digunakan, uang tersebut harus ditukarkan ke mata uang dalam negeri. Semakin banyak tenaga kerja asing, pendapatan devisa negara juga makin meningkat.
Baca Juga  Tak Ingin Dompet Jebol, Hindari Kesalahan Keuangan Ini(Part 2)
tipe devisa yang berlaku di perdagangan internasional

Tipe Devisa yang Berlaku di Perdagangan Internasional

bursa Asia menguat karena sentimen positif

Bursa Asia Menguat karena Sentimen Positif