in

Macam Perdagangan Regional Indonesia

Macam Perdagangan Regional Indonesia
Photo by Andrew Stutesman on Unsplash

Perdagangan internasional adalah hal yang biasa terjadi antara negara-negara di seluruh dunia. Perdagangan internasional memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah perdagangan regional. Perdagangan regional adalah perdagangan yang dilakukan oleh negara yang ada di satu kawasan dengan tujuan untuk saling membantu. Indonesia adalah salah satu negara yang mengikuti berbagai macaam perdagangan regional di berbagai kawasan. Berikut adalah macam perdagangan regional Indonesia.

Macam Perdagangan Regional Indonesia

Menurut data yang dilansir dari materiips, ada beberapa contoh perdagangan regional Indonesia, yaitu:

  1. ASEAN (Association of South East Asia Nations). Indonesia adalah salah satu negara yang mendorong terbentuknya ASEAN bersama negara lain seperti Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina. ASEAN adalah organisasi yang berupaya untuk meningkatkan kerja sama negara Asia Tenggara. Target dari terbentuknya ASEAN terutama dalam bidang perdagangan regional adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, ASEAN juga memiliki target untuk menciptakan industri dan memperluas perdagangan, terutama perdagangan internasional.
  2. AFTA (Asian Free Trade Area). AFTA adalah perjanjian perdagangan bebas yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN. AFTA dicetuskan di KTT ASEAN ke 4 tahun 1992 dan dimulai pada Januari 1993. Target dari terbentuknya AFTA adalah: (1) untuk meningkatkan daya saing ASEAN untuk basis produksi di pasar dunia; (2) Penghapusan bea dan halangan non-bea dalam lingkup ASEAN; (3) Meningkatkan nilai ekspor negara ASEAN; (4) Meningkatkan nilai investasi asing di ASEAN; dan (5) Meningkatkan pelayanan produk dan jasa di zona ASEAN.
  3. APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation). APEC adalah salah satu kerja sama negara di kawasan Asia-Pasifik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan perdagangan bebas. APEC dibentuk pada tahun 1989. Tujuan dari terbentuknya APEC adalah peningkatan kerja sama dalam sektor perdagangan, investasi, pariwisata, dan SDM.
  4. ADB (Asian Development Bank). ADB adalah bank pembangunan regional yang berlokasi di Metro Manila, Filipina. Bank ini memiliki tujuan untuk menggiatkan pembangunan sosial dan ekonomi di Asia. ADB memiliki 48 anggota negara Asia-Pasifik dan 19 anggota negara non Asia-Pasifik. ADB juga memiliki sistem yang mirip dengan Bank Dunia.
Baca Juga  Stimulus Untuk Menjaga Pasar Saham dari Pemerintah
Mengenal MIA Trader dan James Harrison

Mengenal MIA Trader dan James Harrison

pengertian ekspor dalam perdagangan internasional?

Ekspor dalam Perdagangan Internasional