in

Komoditas Ekspor yang Berasal dari Indonesia

Komoditas Ekspor yang Berasal dari Indonesia
Photo by Elevate on Unsplash

Ekspor adalah salah satu jenis perdagangan internasional. Ketika suatu negara melakukan ekspor, negara tersebut akan mengirim sumber daya atau barang ke negara lain yang membutuhkan. Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Hal ini membuat Indonesia memiliki komoditas ekspor yang cukup banyak. Berikut adalah jenis komoditas ekspor yang berasal dari Indonesia.

Komoditas Ekspor yang Berasal dari Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali komoditas ekspor karena letak geografisnya yang cukup strategis. Seperti yang dilansir dari salamadian.com, ada 5 macam komoditas ekspor utama dari Indonesia. Komoditas tersebut adalah:

  1. Karet. Indonesia adalah negara produsen karet terbesar kedua di seluruh dunia. Selain itu kualitas karet murni yang berasal dari Indonesia memiliki kualitas yang tinggi. Hal ini membuat karet menjadi salah satu komoditas ekspor utama Indonesia. Indonesia banyak melakukan ekspor karet ke Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia, China, dan Jepang.
  2. Tekstil. Indonesia banyak melakukan ekspor barang baku tekstil ke negara lain. Bahan baku tersebut antara lain adalah serat dan benang. Barang produksi baju seperti kain dan baju juga menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia. Pertumbuhan permintaan tekstil juga akan terus meningkat di seluruh dunia. Negara-negara yang melakukan impor tekstil dari Indonesia antara lain adalah Jepang, Inggris, Malaysia, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan lain sebagainya.
  3. Kelapa Sawit. Kelapa sawit adalah bahan baku untuk membuat minyak goreng, mentega, sabun, dan lain-lain. Kelapa sawit biasanya diekspor dalam bentuk minyak sawit (CPO) atay minyak inti sawit (PKO). Pasar yang ditarget adalah negara-negara Eropa. Negara tersebut adalah Belanda, Inggris Raya, Yunani, Rusia, dan lain-lain.
  4. Hasil Hutan. Indonesia memiliki jumlah hutan yang cukup luas sehingga industri hasil hutan di Indonesia juga cukup tinggi. Hasil hutan yang sering diekspor antara lain adalah kayu, furnitur, dan kertas. Negara yang mengimpor hasil hutan dari Indonesia adalah Arab Saudi, Amerika Serikat, India, dan Australia.
  5. Kakao. Indonesia adalah produsen kakao atau biji coklat terbesar ketiga di seluruh dunia. Kakao sering dipakai untuk bahan dasar pembuatan coklat dan bahan makanan lain. Kakao biasanya diekspor dalam bentuk makanan atau coklat bubuk yang sudah terstandar. Produk ini biasanya dieksppor ke Jepang, Kanada, Amerika Serikat, dan lain-lain.
Baca Juga  Mengamati Saham di Tengah Pandemi Corona
efek Perang Dagang Bagi Ekonomi Negara

Efek Perang Dagang Bagi Ekonomi Negara

Rupiah Lemah di Perdagangan Pasar Spot

Rupiah Lemah di Perdagangan Pasar Spot