in

Perbedaan Antara Menabung dan Investasi

perbedaan antara menabung dan investasi
Photo by Michael Longmire on Unsplash

Menabung dan investasi adalah cara menyimpan uang yang banyak dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi, ada beberapa hal yang membuat kedua hal ini berbeda. Menabung dilakukan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek. Sedangkan investasi memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Berikut adalah perbedaan antara menabung dan investasi yang dilansir dari modalrakyat.

Perbedaan Antara Menabung dan Investasi

  1. Berdasarkan Fungsi. Menabung biasanya dilakukan untuk menyimpan dana darurat atau dana yang dipersiapkan untuk jaga-jaga terhadap hal yang bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu menabung biasanya dilakukan untuk memenuhi keinginan dalam jangka pendek yang uangnya bisa diambil kapan saja. Di sisi lain, investasi adalah menyimpan uang dengan cara menanam modal. Investasi biasanya dilakukan dalam jangka panjang agar mendapatkan imbal balik yang lebih besar.
  2. Berdasarkan Bunga dan Risiko. Jika dilihat dari risikonya, menabung memiliki risiko yamg leih kecil daripada investasi. Terlebih jika anda menabung di bank yang mempunyai kredibilitas yang tinggi karena keamanan uang anda dijamin oleh bank. Investasi jelas memiliki risiko yang lebih besar daripada menabung. Risiko uang anda bisa berkurang karena kerugian dari investasi juga ada. Akan tetapi, dengan berinvestasi, bunga yang dierikan juga lebih besar.
  3. Berdasarkan Jenis Produk yang Ditawarkan. Dalam menabung, hal yang jelas ditabung adalah uang dan ditabung dalam bentuk deposito atau tabungan biasa. Sedangkan untuk investasi, ada banyak jenis produk yang bisa digunakan untuk investasi. Ada dua jenis investasi yang bisa anda lakukan, investasi aset rill atau aset keuangan. Jika anda berinvestasi aset rill anda akan berinvestasi dalam bentuk barang seperti emas atau tanah. Jika anda berinvestasi aset keuangan, anda akan berinvestasi dalam bentuk saham, reksa dana, obligasi dan lain sebagainya.
  4. Berdasarkan Aksesibilitas. Jika anda menabung, anda bisa melakukannya kapan saja dan uang tersebut bisa diambil kapanpun anda mau. Anda bisa mengambil uang tersebut di bank atau koperasi tempat anda menabung. Untuk investasi, anda tidak bisa mencairkan investasi anda sewaktu-waktu. Dalam investasi ada jangka waktu yang harus dipenuhi karena rata-rata investasi dilakukan untuk jangka panjang.
  5. Berdasarkan Keuntungan. Jika anda ingin memenuhi kebutuhan jangka pendek, anda bisa menabung karena tidak adanya jangka waktu. Jika anda ingin memperoleh hasil optimal jangka panjang, alokasikan dana anda untuk investasi.
  6. Berdasarkan Kelemahan. Kelemahan yang paling mendasar dari menabung adalah jika disimpan terlalu lama nilai uang bisa tergerus karena efek inflasi. Sedangkan kelemahan investasi adalah adanya risiko uang anda akan berkurang atau bahkan bangkrut jika anda tidak memiliki ilmu yang cukup dalam berinvestasi.
Baca Juga  BEI Minta Investor Tenang Ketika IHSG Melemah
Ibu Rumah Tangga Berhak Menjadi Kaya, Ini Caranya

Ibu Rumah Tangga Berhak Menjadi Kaya, Ini Caranya

Mempersiapkan tabungan untuk anak

Mempersiapkan Tabungan Untuk Anak