in

Return of Investment, Pengertian dalam Bisnis

Return of Investment
Photo by NORTHFOLK on Unsplash

Return of Investment atau ROI adalah istilah yang sering dibicarakan dalam pembicaraan bidang ekonomi. Bagi seseorang yang berkecimpung di dunia bisnis, paham akan ROI adalah hal yang wajib. Hal ini dikarenakan dengan mengetahui ROI, anda bisa memperkirakan seberapa besar tingkat pengembalian investasi dari perusahaan tersebut. Untuk lebih jelas, berikut adalah pengertian dari Return of Investmen seperti dikutip dari Lifepal.

Pengertian Return of Investment

ROI adalah rasio dari keuntungan atau kerugian yang diperoleh dari kegiatan investasi terhadap jumlah uang yang dialokasikan untuk investasi. Setelah mengetahui rasio tersebut, anda bisa melakukan evaluasi terhadap efisiensi dari investasi tersebut. Cara mengukur efisiensi tersebut adalah dengan cara mengukur jumlah pengembalian dari investasi tersebut dengan jumlah uang yang sudah dialokasikan untuk investasi.

Setelah anda menghitung ROI, anda bisa tahu hal-hal apa saja yang mempengaruhi bisnis atau investasi anda, baik yang positif maupun negatif. Hal ini bisa membantu anda dalam melakukan evaluasi terhadap bisnis atau investasi yang anda lakukan agar menjadi lebih baik di masa depan.

Baca Juga  Yuk Simak Peluang Usaha Yang Menjanjikan Cuan di Masa Depan!

ROI sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Tingkat Perputaran AktivaPerhitungan rasio dipengaruhi oleh tingkat perputaran aktiva yang dipakai oleh perusahaan dalam kegiatan operasional. Hal ini harus dilakukan walaupun hasil yang diperoleh oleh perusahaan tersebut mengalami positif ataupun negatif. Tingkat perputaran aktiva ini adalah kecepatan aktiva dalam suatu periode dalam menghasilkan pengembalian investasi.
  2. Profit Margin. Faktor kedua yang mempengaruhi ROI adalah profit margin. Profit margin adalah kemampuan yang dimiliki perusahaan untuk mengeluarkan keuntungan yang dibandingkan dengan penjualan yang dicapai oleh perusahaan tersebut. Jika dilihat lebih lanjut, menghitung profit dilakukan dengan cara menghitung selisih harga pokok penjualan dan penjualan bersih. Hasil tersebut akan dibagi dengan penjualan bersih yang dilakukan perusahaan tersebut. Rasio profit margin ini menunjukkan potensi perusahaan dalam memperoleh keuntungan dengan tingkat penjualan tertentu. Selain itu, rasio ini juga bisa digunakan untuk menilai kemampuan suatu perusahaan dalam melakukan manajemen pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.
harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 25 Mei 2020

analisa return of investment

Analisa Return of Investment, Manfaat dan Kekurangan