in

Analisa Return of Investment, Manfaat dan Kekurangan

analisa return of investment
Photo by William Iven on Unsplash

Dalam analisa Return of Investment atau ROI, anda akan mendapatkan manfaat dan kekurangan. ROI sendiri adalah keuntungan yang diterima dari investasi yang bisa dihitung menurut pembagian dari keuntungan yang diperoleh dan jumlah dana yang dialokasikan. Melakukan analisa ROI harus dilakukan oleh pebisnis agar bisa tahu kelebihan dan kekurangan bisnis tersebut. Agar mengetahui lebih lanjut, berikut adalah manfaat dan kekurangan dalam melakukan analisa ROI seperti yang dikutip dari Lifepal.

Manfaat dan Kekurangan Analisa Return of Investment

Ketika pebisnis melakukan analisa ROI sendiri, mereka bisa mendapatkan data yang bermanfaat untuk bisnis yang dia lakukan. Selain itu, pebisnis bisa melakukan perhitungan efisiensi terhadap modal, produksi, dan penjualan.

Manfaat yang diperoleh oleh pebisnis dari melakukan analisa ROI tersebut antara lain adalah:

  • Pebisnis bisa mendapatkan data tentang rasio industri bagi perusahaan yang berkecimpung di dunia industri. Dengan mengetahui hal ini, pebisnis bisa mengetahui efisiensi dalam digunakannya modal oleh perusahaan. Pebisnis juga bisa mengetahui bagaimana posisi perusahaan di hadapan perusahaan lain, apakah di atas, di bawah, atau sama dengan rata-rata perusahaan lain.
  • Dengan melakukan analisa ROI, anda juga bisa mengatahui seberapa besar kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Hal ini membuat anda bisa membandingkan dengan perusahan lain yang memiliki jenis yang sama.
  • Analisa yang dilakukan juga dapat mengecek akan perilaku yang dilakukan oleh tiap divisi dalam pengalokasian dana.
  • Analisa ini juga bisa dilakukan untuk memproyeksikan profit yang mungkin terjadi oleh produk yang dimunculkan perusahaan tersebut.
  • ROI juga memberikan manfaat untuk mengontro dan merencenakan pengambilan keputusan oleh suatu perusahaan.
Baca Juga  Dompet Digital Milik BUMN, Berikut Beberapa Fakta LinkAja

Selain manfaat, analisa ROI juga memiliki beberapa kekurangan. Kelemahan dalam melakukan analisa ini adalah:

  • Perbandingan antara perusahaan satu dan perusahaan lain mungkin berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan praktik akuntansi yang dilakukan oleh tiap perusahaan. Oleh karena itu, kemungkinan akan salah persepsi bisa saja terjadi.
  • Ketika terjadi fluktuasi nilai tukar uang dan fluktuasi daya beli masyarakat, analisa yang dilakukan bisa menjadi tidak akurat.

 

Return of Investment

Return of Investment, Pengertian dalam Bisnis

Pengertian ekuitas

Pengertian Ekuitas dalam Ekonomi