in

Pengertian Ekuitas dalam Ekonomi

Pengertian ekuitas
Photo by Austin Distel on Unsplash

Ekuitas adalah salah satu istilah yang sering muncul dalam istilah ekonomi, namun banyak orang yang masih belum paham akan pengertian instilah ini. Banyak orang yang beranggapan bahwa ekuitas adalah modal, namun sebenarnya arti dari ekuitas itu bukan hanya itu saja. Ekuitas dan modal memiliki perbedaan jika dilihat dari pengertian dan jumlah nilainya. Berikut adalaj penjelasan dari ekuitas seperti yang dikutip dari Lifepal.

Pengertian Ekuitas

Ekuitas dan modal adalah dua hal yang berbeda. Modal adalah dana yang dipersiapkan yang bakal digunakan dalam kegiatan bisnis. Sedangkan ekuitas adalah besarnya hak sisa atau kepentingan dari pemilik usaha terhadap aset tertentu. Jumlah ekuitas yang diterima adalah jumlah penghasilan yang sudah dikurangi oleh kewajiban yang diperlukan dari neraca perdagangan.

Ekuitas juga bisa diartikan sebagai modal atau jumlah kekayaan dari penanam modal dan hasil dari usaha yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Ekuitas memiliki bentuk yang bermacam-macam. Bahkan, anak perusahaan juga bisa dianggap sebagai entitas.

Ekuitas cukup berbeda dari modal. Perbedaan ini berasal dari pengertian dan nominal dalam perusahaan tersebut. Modal bisa diartikan sebagai kumpulan uang atau barang yang digunakan sebagai pondasi suatu perusahaan atau usaha.

Baca Juga  Tertular Corona, Rupiah Merosot ke Rp14.396

Nilai ekuitas juga dibuat dari beberapa elemen. Elemen tersebut antara lain adalah:

Modal yang Disetor. Pengertian dari istilah ini adalah jumlah uang yang diberikan pemegang saham dengan jumlah tertentu. Modal disetor juga bisa diperoleh dari setoran dana dan investasi yang dilakukan oleh perusahaan.

Modal Penilaian Kembali. Modal ini akan muncul ketika aset perusahaan dilakukan peninjauan kembali dalam buku neraca. Jika ada selisih positif, maka dana tersebut bisa dianggap sebagai modal penilaian kembali.

Modal Sumbangan. Seperti namanya, modal ini didapatkan dari hasil sumbangan. Sumbangan yang dimaksud adalah uang yang didapat etelah perusahaan mendapatkan aktiva (aset dan kekayaan) dari pihak lain.

Modal Lain-Lain. Modal ini biasanya adalah modal cadangan dari laba, bukan cadangan untuk melakukan ekspansi, penurunan harga persediaan, ataupun pelunasan obligasi. Dana ini juga tidak bisa dijadikan dividen.

Laba Tidak Dibagi. laba ini kumpulan dari laba beberapa tahun yang lalu dan tidak dibagikan dalam bentuk deviden. Laba jenis ini bisa diminta sewaktu-waktu oleh investor dalam bentuk dividen.

Baca Juga  Karyawan Non-Muslim Berhak Atas THR Juga
analisa return of investment

Analisa Return of Investment, Manfaat dan Kekurangan

Jenis Ekuitas

Jenis Ekuitas yang Ada di Dunia Ekonomi