in

Jenis Ekuitas yang Ada di Dunia Ekonomi

Jenis Ekuitas
Photo by Austin Distel on Unsplash

Ekuitas adalah aset yang telah dikurangi dari jumlah kewajiban yang harus dibayarkan. Ekuitas juga memiliki banyak jenis. Pebisnis bisa menentukan jenis-jenis ekuitas berdasarkan hasil dari analisa keuangan yang dilakukan. Apa saja jenis ekuitas yang ada? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari Lifepal.

Jenis-Jenis Ekuitas

  1. Ekuitas Pemegang SahamEkuitas ini adalah ekuitas bagi perusahaan yang namanya tercatat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) yang kepemilikan asetnya adalah milik bersama dari investor. Ekuitas pemegang saham dapat dihitung dari persentase jumlah saham yang dimiliki investor dari total jumlah aset yang ada di perusahaan tersebut. Sebagai contoh, anda menjadi investor di Perusahaan A dan anda memiliki 15 persen dari saham Perusahaan A. Hal ini berarti anda adalah pemilik dari 15 persen total aset perusahaan.
  2. Ekuitas Pemilik Perusahaan. Ekuitas ini adalah selisih dari total aset perusahaan dikurangi oleh jumlah aset yang dimiliki oleh investor. Jumlah aset tersebut adalah jumlah aset bersih yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan disebut sebagai ekuitas pemilik perusahaan.
  3. Ekuitas Rumah. Ekuitas rumah adalah kepemilikan dari rumah tersebut. Jumlah ekuitas yang didapatkan harus diperhitungkan dengan utang dan kewajiban dari pemilik rumah tersebut. Sebagai contoh anda memiliki rumah dengan nilai Rp1 miliar dan anda menggunakan sertifikat rumah anda sebagai jaminan dalam melakukan kredit dengan jumlah sebesar Rp200 juta. Hal ini membuat nilai ekuitas rumah anda menjadi Rp800 juta.
  4. Ekuitas Merek. Jika ingin menghitung jumlah ekuitas dari suatu perusahaan, jumlah semua aset yang dimiliki perusahaan harus diperhitungkan terlebih dahulu. Aset yang dimiliki perusahaan bisa bermacam-macam, mulai dari aset yang memiliki wujud sampai aset yang tidak memiliki wujud seperti merek dagang. Sebagai contoh, harga ayam goreng jika dijual di pasar lokal adalah Rp10.000. Jika ayam goreng tersebut dijual di waralaba ayam goreng, harganya bisa berubah menjadi sekitar Rp30.000. Jadi, ekuitas dari waralaba ayam goreng tersebut adalah sebesar Rp20.000.
Baca Juga  Pertumbuhan Pasar Australia Di Tengah Peningkatan Pengawasan Regulasi
Pengertian ekuitas

Pengertian Ekuitas dalam Ekonomi

Return of Equity

Pengertian Return of Equity yang Harus Diketahui