in

Karantina Uang Lebaran oleh Bank Indonesia

Karantina Uang Lebaran oleh Bank Indonesia
Uang Rupiah (C) SHUTTERSTOCK

Ternyata bukan cuma manusia saja yang dikarantina di tengah pandemi covid-19 (virus corona) sekarang ini. Bank Indonesia juga melakukan karantina uang lebaran yang bakal dilepas untuk penukaran uang baru di kalangan masyarakat.

Untuk karantina uang ini, BI sudah berkoordinasi dengan bank-bank nasional dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR). Mereka ingin memastikan tersedianya uang yang layak edar di masyarakat. Demi kelancaran layanan penukaran uang tunai itu, BI juga sudah menyusun strategi baik secara internal maupun eksternal.

Karantina Uang Lebaran Masuk Upaya Internal

Karantina uang lebaran ini masuk upaya internal yang dilakukan Bank Indonesia. Prosesnya dimulai dengan BI melakukan penyediaan uang yang layak edar dan higienis. Demi meminimalisir penyebaran virus, mereka melakukan karantina lembaran uang Rupiah selama 14 hari sebelum diedarkan ke publik.

Area perkasan, sarana dan prasarana pun tak luput dari perhatian BI dengan menyemprotkan disinfektan secara berkala. Begitu pula dengan higienitas SDM (Sumber Daya Manusia) dan perangkat pengolahan uang yang juga diperhatikan.

Baca Juga  Saham Migas Terbang Akibat Minyak Melambung

Langkah selanjutnya adalah pendistribusian uang kepada masyarakat yang ingin menukarkan uangnya dengan pecahan uang baru. Pendistribusian ini dilakukan secara tepat di tengah keterbatasan moda transportasi agar seluruh kantor perwakilan BI memiliki persediaan uang secara nominal dan per pecahan yang cukup.

Upaya Eksternal Bank Indonesia

Upaya eksternal yang dilakukan Bank Indonesia adalah dengan mengkoordinir bank-bank nasional dan PJPUR. Ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan uang di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) masing-masing bank.

BI meminta uang yang disediakan di ATM berkualitas baik, dan layak edar. Selain itu, sebelum dimasukkan ATM, uang itu sudah harus melalui perencanaan pengisian uang yang akurat.

Upaya lain yang dilakukan BI adalah dengan menyediakan layanan penukaran uang untuk masyarakat di loket perbankan agar masyarakat mudah untuk memperoleh uang. BI juga sudah memastikan seluruh kegiatan pengelolaan uang yang mereka lakukan benar-benar memperhatikan aspek K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Cara Aman Tukar Uang Baru untuk Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Cara Aman Tukar Uang Baru untuk Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

bisnis hampers lebaran

Peluang Bisnis Hampers Lebaran yang Menguntungkan