in

Beli Rumah Saat Corona Dinilai Lebih Mudah

beli rumah saat corona
Photo by Blake Wheeler on Unsplash

Banyak pengamat properti yang menyatakan bahwa beli rumah saat Corona lebih mudah daripada biasanya. Hal ini dikarenakan banyak kemudahan yang diberikan dari pihak bank dan pengembang.

Beli Rumah Saat Corona?

Dilansir dari CNNIndonesia, Direktur Eksekutif Indonesia Properti Watch (IPW) Ali Tranghanda menyatakan bahwa banyak suku bunga berjangkau yang diberikan oleh pihak bank.

Ali menyatakan bahwa pengembang juga memberikan bonus-bonus menarik untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satunya adalah down payment (DP) yang dibayarkan oleh pengembang.

Di tengah pandemi Corona seperti ini, pembeli ada di posisi atas sehingga pembeli memiliki kekuatan untuk menekan dalam memilih produk properti.

Jika pandemi Corona sudah berakhir, belum tentu hal ini dapat dirasakan kembali oleh para pembeli.

Ali menyatakan bahwa keadaan seperti ini sebaiknya dimanfaatkan oleh pembeli. Akan tetapi reputasi pengembang juga harus diperhatikan agar tidak rugi di kemudian hari.

Ali juga berkata bahwa banyak sekali oengembang yang menggunakan manuver-manuver drastis untuk menarik perhatian pembeli.

Strategi yang dilakukan penjual antara lain adalah potongan harga jual, penggratisan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan keringanan pembayaran.

Baca Juga  Jika IHSG Anjlok 5 Persen, BEI Hentikan Trading

Hal yang senada juga disampaikan oleh Head of Research and Counsultancy Savills Indonesia Anton Sitorus.

Anton menyatakan stimulus yang diberikan oleh pihak perbankan dan pihak pengembang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya di tengah masa pandemi.

Beberapa tempat yang direkomendasikan oleh Anton antara lain adalah BSD City, Cibubur, dan Bekasi. Tiga tempat ini dinilai memiliki prospek yang bagus kedepannya.

Anton berkata bahwa stimulus yang diberikan sangat cocok bagi individu yang ingin segera memiliki hunian.

Dengan adanya stimulus tersebut, kemungkinan memiliki hunian pribadi menjadi makin cepat. Selain itu, mengatur cash flow keuangan dinilai juga lebih mudah dengan adanya stimulus-stimulus ini.

Hera F Haryn, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, menyatakan bahwa perbankan berusaha untuk memberikan bantuan kepada pihak properti di tengah pandemi Corona.

BCA sudah siap memberikan bunga KPR fix 1 tahun dengan bunga sebesar 4,63 persen.

Di sisi lain, untuk tenor selama 5 tahun, suku bunga yang diberikan adalah sekitar 7 persen.

Tingkat suku bunga tersebut diberikan seiring dengan program suku bunga spesial Hari Ulang Tahun BCA.

Baca Juga  Ekonomi Minus, Industri Pariwisata Gelisah
wall street bangkit

Wall Street Bangkit, Efek New Normal dan Vaksin

bursa asia merosot

Bursa Asia Merosot Akibat Ancaman Trump