in

Jenis Pelaku Pasar Valuta Asing yang Anda Harus Tahu

Pelaku pasar valuta asing
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Valuta asing adalah mata uang yang diakui dan dapat diperdagangkan di perdagangan internasional. Valuta asing atau valas juga sudah menjadi jenis investasi yang banyak diperbincangkan oleh banyak orang. Akan tetapi, tidak hanya investor saja yang bermain di pasar valuta asing. Ada banyak pelaku yang berkecimpung dalam jenis investasi ini. Berikut adalah jenis pelaku pasar valuta asing seperti yang dikutip dari lifepal.co.id.

Jenis Pelaku Pasar Valuta Asing

Dalam perdagangan di pasar valuta asing, yang mencari cuan tidak hanya trader saja. Ada 6 pelaku yang berkecimpung di dunia valas dengan kepentingan yang berbeda-beda. Para pelaku tersebut antara lain adalah:

  1. Market Maker. Market maker adalah pelaku pasar yang membuat pasar menjadi bergerak. Market maker biasanya adalah pihak yang menentukan tingkat persedian suatu jenis mata uang. Market maker bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual yang terjadi. Salah satu market maker yang paling mudah dikenali adalah perbankan. Bank di dunia bisa berperan menjadi market makar di perdagangan valas.
  2. Perusahaan Atau Perorangan. Pihak swasta seperti perusahaan atau perorangan juga bisa melakukan perdagangan di pasar valas. Perusahaan atau perorangan melakukan perdagangan di pasar valas dengan tujuan untuk memperlancar ekspor dan impor yang dilakuakn . Selain itu banyak juga perorangan yang menjadi investor di pasar valas.
  3. Arbirator dan Spekulan. Arbitor adalah pihak ketiga dalam perundingan yang bisa membuat suatu mufakat untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan yang bisa didapatkan dari spekulan adalah selisih harga yang terjadi. Sedangkan spekulan adalah pelaku pasar yang berspekulasi akan berubahnya nilai mata uang. Spekulan akan mendapatkan keuntungan dari fluktuasi yang biasanya terjadi dalam perdagangan pasar uang.
  4. Pialang. Pialang adalah pihak penengah antara pembeli dan penjual dalam perdagangan mata uang asing. Biasanya, pialang memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi dengan dealer dan bank di seluruh dunia.
  5. Bank SentralBank sentral adalah salah satu pelaku yang bisa mengontrol pergerakan yang terjadi di pasar valuta asing. Bank sentral memiliki tugas untuk mengendalikan mata uang, suku bunga dan inflasi. Bank Sentral yang ada di Indonesia adalah Bank Indonesia.
  6. Pemerintah. Pemerintah juga ikut dalam perdagangan valuta asing. Target dari pemerintah dalam mengikuti perdagangan ini adalah untuk mencari keuntungan agar bisa menambah kas negara. Selain itu, pemerintah juga mencari keuntungan untuk membayar hutang luar negeri.
Baca Juga  Mengenal Likuiditas dan Volatilitas di Dunia Forex
macam sistem valuta asing yang berlaku

Macam Sistem Valuta Asing yang Berlaku

Reksa dana pendapatan tetap

Pengertian Reksa Dana Pendapatan Tetap