in

Daftar Periksa Keuangan untuk Mahasiswa 

Lulus dari SMA dan berubah status menjadi seorang Mahasiswa tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau melanjutkan studi tidak di kampung halaman sendiri, tapi merantau ke daerah lain.

Di kehidupan yang baru ini, dengan status kalian sebagai mahasiswa tentu harus lebih dewasa dan bisa bertanggung jawab atas diri sendiri di lingkungan baru.

Termasuk juga dalam mengatur keuangan. Semakin dewasa, kamu udah harus belajar untuk hidup lebih mandiri. Masak iya mahasiswa daftar kebutuhan dan keuangannya masih mengandalkan orang tua? Tapi kalau bulanan masih disokong ya Syukur sih, Hehe..

Karena itu, ada baiknya kamu mulai belajar mengatur keuangan dengan benar mulai dari sekarang. Berikut cara mengatur strategi keuangan dan daftar periksa keuangan yang dibutuhkan oleh mahasiswa:

1. Mencari Beasiswa.

Jika kamu sudah masuk ke universitas incaranmu, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk mencari informasi mengenai beasiswa.
Kamu bisa tanyakan informasi perihal beasiswa ini kepada kakak senior atau langsung saja ke kantor universitas yang bersangkutan.

Baca Juga  3 Efek Yang Membebani Pertumbuhan Ekonomi Akibat Virus Corona

Di Universitas banyak sekali beasiswa yang ditawarkan, mulai dari beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) serta berbagai beasiswa dari perusahaan swasta, seperti bank, pabrik dan lain sebagainya.

2. Kerja Sampingan.

Bagi kamu mahasiswa dari berbagai kalangan ekonomi apapun, yang sedang berpikir untuk membiayai uang kuliahmu sendiri, ambilah kerja sampingan untuk menambah pemasukanmu.

Jika kamu memiliki penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan, tentu membuatmu dapat mencukupi segala kebutuhan perkuliahanmu bahkan bisa menabung, bukankah itu adalah prestasi yang luar biasa?

Ya, melalui penghasilan ini, maka dapat menolongmu untuk melunasi biaya kuliah semesteran bahkan juga biaya keperluan dari perkuliahanmu sehari-hari seperti biaya membeli buku atau biaya fotokopi.

Sebetulnya, banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan uang tambahan, tentunya dengan cara yang halal.

Cek saja Ide bisnis mahasiswa dengan modal kecil melalui Artikel pikirantrader.com

3. Buat Anggaran Pribadi

Sebagai mahasiswa, jangan abaikan anggaran bulanan kamu. Gunakan ini sebagai pedoman bulananmu dalam mengelola keuangan. Buat alokasi pengeluaranmu sesuai dengan pendapatan yang kamu terima setiap bulannya.

Baca Juga  Pengertian Return of Equity yang Harus Diketahui

Taati setiap budget anggaran pengeluaran yang sudah kamu atur sedemikian rupa.

Tak perlu memaksakan harus mengeluarkan biaya sesuai denganbudget yang tertera jika memang kamu tidak perlu mengeluarkannya pada bulan tersebut.

4. Buat Tujuan Keuangan Pribadimu

Daftar periksa keuangan untuk mahasiswa berikutnya adalah miliki tujuan keuangan pribadi.

Dengan memiliki tujuan keuangan pribadi, kamu dapat lebih semangat dalam melakukan investasi atau menabung serta menghemat pengeluaran bulananmu.

Kamu perlu memikirkan tujuan keuangan jangka menengah dan jangka panjang.

Nah, cukup mencerahkan bukan? Ayo mahasiswa semangat atur keuangan sendiri ya..

Tinggalkan Balasan

Crypto Bisnis Berjuang untuk Mendapatkan Layanan Perbankan

Panduan Mudah Daftar Adsense Melalui Akun Youtube