in ,

Ganti Kartu Kredit? Pahami dulu Penjelasan ini!

Pertimbangan yang harus dipertikan ketika hendak mengganti kartu kredit

Terkait benefit yang ditawarkan oleh kartu kredit, hal ini biasanya berkaitan dengan berbagai hal. Seperti limit, biaya administrasi tahunan, hingga promo cashback. Tentunya yang berlaku di merchant-merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit.

Oleh karenanya, Anda dituntut harus cermat saat hendak mengajukan kartu kredit. Anda harus tahu, kira-kira jenis kartu kredit apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini juga berlaku saat Anda merasa perlu untuk mengganti kartu kredit, mungkin karena perubahan kebutuhan.

Akan tetapi jika ingin mengganti kartu kredit, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan. Sebelum memutuskan ganti kartu kredit, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Mengalami Perubahan Kebutuhan

Salah satu faktor yang membuat Anda memutuskan untuk mengganti kartu kredit adalah adanya peningkatan akan kebutuhan.

Misalnya saat Anda belum menikah, Anda mungkin lebih suka dengan jenis kartu kredit yang lebih banyak memberikan fitur promo traveling.

Namun keadaan berbeda saat anda sudah menikah dan berkeluarga. Anda lebih baik memilih kartu kredit yang fiturnya cenderung mengarah ke promo-promo belanja di supermarket dan sebagainya.

Baca Juga  4 Cara Terlepas dari Jeratan Hutang Online

2. Biaya Bunga dan Administrasi Tidak Sepadan dengan Pemakaian

Jika Anda jarang menggunakan kartu kredit bunga dan administrasi tahunan akan menjadi batu sandungan untuk Anda.

Mengapa?  Karena Anda diharuskan membayar biaya-biaya tersebut padahal anda jarang merasakan manfaat dari kartu kreditnya. Mungkin, pada awalnya Anda akan dibebaskan dari biaya-biaya tersebut. Namun, keuntungan tersebut tidak abadi pastinya.

Tidak lama kemudian, biasanya promo tersebut tidak bisa dinikmati. Akhirnya, Anda menanggung biaya yang jumlahnya kadang tidak sebanding dengan pemakaian kartu kredit.

Maka dari itu, coba cari kartu kredit dengan fitur serupa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Saat ini sudah banyak bank yang membebankan biaya bunga dan biaya adminstrasi yang ramah kantong.

3. Kondisi Finansial Dirasa Telah Membaik

Ketika Anda pertama kali membuat kartu kredit mungkin tidak menginginkan limit yang begitu besar. Hal ini disesuaikan dengan kondisi finansial Anda.

Baca juga: Sehatkah Keuangan Anda? Cek dengan 8 Indikator ini

Waktu pun berlalu dan kini Anda telah memiliki pendapatan yang lebih besar dari sebelumnya. Sementara rekam jejak kredit Anda juga tidak pernah mengalami masalah. Jika begitu, maka tak ada salahnya untuk Anda mengganti kartu kredit Anda dengan limit yang lebih besar.

Baca Juga  Tagihan Kartu Kredit Tidak Sesuai? Lakukan 5 Hal Ini!

Terlebih, semakin besar limit kartu kredit, maka fitur benefit yang bisa dinikmati pun akan lebih banyak. Memisal point reward yang lebih besar, hingga promo cashback di banyak merchant ternama.

Penjelasan di atas bisa Anda jadikan alasan untuk mengganti kartu kredit Anda saat ini. Namun, tentu saja ketiganya harus Anda pastikan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda ingin mengganti kartu kredit karena ‘lapar mata’, karena hal ini berisiko mengakibatkan Anda malah jadi terjebak dalam utang yang menumpuk. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Tarif dan Review MRT Jakarta

Yuk Berhemat dengan Hapus Aplikasi di Smartphone!