in ,

Move on ke Cashless? Pelajari dulu Kelebihan Kekurangannya

Move on ke Cashless? Pelajari dulu Kelebihan Kekurangannya

Maraknya sistem transaksi non tunai di Indonesia harus diimbangi dengan pengetahuan masyarakatnya mengenai kelebihan dan kekurangan sistem pembayaran modern tersebut.

Secara harafiah, kata cashless berarti tanpa uang tunai. Sistem cashless dapat diartikan sebagai suatu sistem di mana segala transaksi tidak lagi menggunakan uang tunai/fisik, tapi melalui media elektronik seperti kartu debit dan dompet virtual. Walau sistem ini mulai digerakkan dengan harapan membawa manfaat, nyatanya terdapat hal yang merugikan juga. Dilansir dari CNNIndonesia.com Berikut sejumlah kelebihan dan kekurangan dari sistem cashless.

Kelebihan 


Perencana keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto menekankan penggunaan transaksi nontunai sama halnya ketika memakai uang tunai. Dengan demikian, kunci utamanya bukan pada produknya tapi bagaimana masyarakat menggunakan dan mengelola uangnya.

“Intinya kalau kita mengeluarkan uang harus mengutamakan kebutuhan dan kewajiban dulu baru keinginan. Jadi kewajiban, kebutuhan, baru keinginan,” katanya.

Ia menuturkan transaksi nontunai sebenarnya memiliki beberapa keuntungan. Pertama, transaksi relatif aman. Sebab, jika penggunaan ingin bertransaksi maka dibutuhkan kode atau pin khusus yang hanya diketahui oleh pengguna.

Baca Juga  Plus Minus Sistem Pembayaran Kredit

“Dalam hal ini mungkin saja handphone kita hilang, tetapi uangnya tidak hilang, berbeda dengan dompet hilang maka uangnya hilang,” kata Eko.

Kedua, transaksi nontunai menghindarkan adanya penggunaan uang palsu dalam bertransaksi. Dalam jangka panjang, Eko meyakini, transaksi nontunai juga berpotensi mengurangi adanya praktis korupsi.

Ketiga, transaksi nontunai bersifat praktis dan efisien. Dengan adanya beralam alat transaksi pembayaran, masyarakat tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Keempat, bagi Bank Indonesia transaksi nontunai bisa mengurangi anggaran untuk mencetak uang. Selanjutnya, anggaran itu bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Selain itu, lewat transaksi nontunai, pemerintah bisa memantau aliran dan tren konsumsi masyarakat.

Kekurangan 

Meskipun memiliki seabreg kelebihan, transaksi nontunai juga memiliki kelemahan. Salah satunya tergantung teknologi, sehingga memiliki potensi gangguan. Jika terjadi gangguan, maka dikhawatirkan akan mengganggu keuangan penggunanya.

Selain itu, transaksi nontunai juga dapat membuat penggunanya menjadi konsumtif. Pasalnya, transaksi nontunai memudahkan akses kepada konsumsi. Terlebih dengan adanya berbagai promosi. Disinilah pentingnya edukasi penggunaan transaksi nontunai bagi masyarakat.

Baca Juga  Resesi Ekonomi, Masih Mungkinkah melakukan Investasi

“Harus diberikan edukasi dan pembelajaran lagi. Transaksi cashless seharusnya tidak membuat kita tambah boros tapi malah membuat kita merencanakan keuangan dengan baik,” kata Eko.

Baca juga: Cashless Society, Ini Saran Para Perencana Keuangan

Tinggalkan Balasan

Cashless Society

Cashless Society, Ini Saran dari Perencana Keuangan

6 Cara Working Mom Tetap Fokus Saat Anda Bekerja dari Rumah