in ,

Penting Diketahui, Berikut Struktur dan Tugas Bank Sentral

struktur dan tugas bank sentral

Untuk membentuk kebijakan moneter, masing-masing Bank sentral menggunakan suku bunga. Suku bunga adalah data fundamental yang digunakan oleh penyaji berita untuk mengevaluasi kondisi ekonomi suatu negara.

Mengetahui apa yang dilakukan bank sentral akan memberikan Anda keuntungan untuk mengetahui pergerakan mereka selanjutnya. Bukan hanya itu, Anda juga akan mengetahui kemana arah pasangan mata uang tertentu. Dalam artikel ini, kami membahas struktur dan tugas bank sentral.

1. Federal Reserve System (The Fed)

Federal Reserve, yang dikenal sebagai The Fed, adalah sistem keuangan Amerika Serikat (AS), bank sentral paling berpengaruh di dunia. Mengingat bahwa dolar AS muncul di hampir 90% dari transaksi Forex, keputusan suku bunga Fed memiliki efek besar pada nilai banyak mata uang.

The Federal Open Market Committee  (FOMC) atau Komite Pasar Terbuka Federal Fed adalah kelompok yang menentukan suku bunga, bertemu 8 kali setahun dan terdiri dari tujuh gubernur Dewan Cadangan Federal plus lima presiden dari 12 bank cadangan distrik.

2. European Central Bank (ECB)

Terdiri dari 6 anggota dewan, Bank Sentral Eropa atau ECB memutuskan perubahan kebijakan moneter. ECB biasanya membuat komentar kepada pers setiap kali ia memutuskan untuk melakukan perubahan suku bunga.

Baca Juga  Apakah Anda Seorang Trader Cerdas dan Up to Date?

3. Bank of England (BoE)

Tanggung jawab utama Bank Sentral Inggris atau BoE adalah untuk menjaga stabilitas moneter dan keuangan. Terdiri dari 9 anggota, komite BoE memaksakan target inflasi 2% untuk menjaga harga stabil dan juga untuk menjaga kepercayaan terhadap mata uang.

4. Bank of Jepang (BoJ)

Rapat sekali atau dua kali sebulan, komite Bank Sentran Jepang ini memiliki gubernur BoJ, dua wakil gubernur, dan enam anggota lainnya. Jepang adalah negara yang bergantung pada ekspor, sehingga BoJ mengendalikan kebijakan moneternya untuk mencegah pertumbuhan mata uang Yen yang terlalu kuat.

5. Swiss National Bank (SNB)

Swiss National Bank memiliki komite tiga orang yang menentukan suku bunga. Sama seperti Jepang, Swiss sangat bergantung pada ekspornya, sehingga mencegah mata uangnya menjadi terlalu kuat.

Itulah sekilas struktur dan tugas bank sentral dari PikiranTrader, semoga memperluas wawasan ekonomi Anda!

Tinggalkan Balasan

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam ke Bank

jenis-jenis divergence

Saham Mana Yang Menguntungkan Pada Saat Lebaran?